Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Sahabat Yesus - Hidup Katolik

Sahabat Yesus

Sabtu, 14 Mei 2011 00:00 WIB
Sahabat Yesus
Johanes Jarot Hadianto

Sabtu, 14 Mei 2011
Pesta St Matias, Rasul, Kis 1:15-17,20-26; Mzm 113:1-2,3-4,5-6, 7-8; Yoh 15:9-17

Menjelang kepergian-Nya, Yesus menyampaikan wejangan kepada para murid yang sangat Ia kasihi. Ia berpesan, hendaknya mereka tetap tinggal dalam kasih-Nya, yakni dengan menaati perintah-perintah-Nya. Mengapa Yesus begitu mengasihi mereka? Di samping meneruskan kasih Bapa, ternyata ada alasan lain yang begitu mengharukan. Yesus mengasihi para murid karena mereka adalah sahabat-sahabat-Nya. Ini merupakan pengangkatan ke level yang tak terbayangkan sebelumnya. Seorang hamba hanya mengikuti kemauan tuannya. Tapi sahabat, selain memiliki kedekatan yang erat, juga adalah tempat berbagi. Para murid bukan hamba, melainkan sahabat Yesus. Kepada mereka, Yesus menceritakan rencana dan kehendak Bapa, tak ada sesuatu pun yang disembunyikan. Demi mereka pula, Yesus merelakan nyawa-Nya. Dalam budaya Yunani-Romawi, ini adalah bukti kasih yang paling agung.

Kemudian, Yesus mengutus para sahabat untuk pergi dan menghasilkan buah. Mereka diutus untuk mewartakan Injil, bukan sekadar dengan khotbah atau kata-kata, tapi terutama dengan tindakan kasih yang nyata.

Dengan saling mengasihi, kesatuan para murid akan terjaga. Mereka tidak akan tertular oleh semangat kebencian yang melanda dunia. Sebaliknya, justru dunialah yang akan tertular oleh semangat kasih yang mereka hidupi secara nyata.




Kunjungan: 362
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com