Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Maria Mengunjungi Elisabet Renungan Selasa, 31 Mei 2011 - Hidup Katolik

Maria Mengunjungi Elisabet
Renungan Selasa, 31 Mei 2011

Selasa, 31 Mei 2011 05:00 WIB
Maria Mengunjungi Elisabet<br> Renungan Selasa, 31 Mei 2011
www.solutionschristianchurch.org

V. Indra Sanjaya Pr

Zef 3:14-18 atau Rm 12:9-16b; Yes 12:2-3,4bcd,5-6; Luk 1:39-56

Mengunjungi saudara atau kenalan, rasanya merupakan salah satu perbuatan yang terpuji. Lebih lagi ketika yang kita kunjungi itu sedang mengalami suatu peristiwa istimewa, entah menggembirakan ataupun menyedihkan. Sebuah kunjungan mempunyai nilai peneguhan, dukungan, serta solidaritas dengan orang yang dikunjungi.

Hari ini kita mendengar kisah Maria yang mengunjungi Elisabet saudarinya. Beberapa hari sebelumnya, Maria menerima kedatangan Malaikat Gabriel yang menyampaikan dua pesan mengherankan: Pertama, dirinya akan mengandung dan akan melahirkan anak laki-laki (Luk 1,31) dan kedua, Elisabet, saudarinya, juga mengandung dan saat itu sudah enam bulan (Luk 1,36). Kedua pesan ini tidak bisa begitu saja dipercaya.

Dalam konteks itu, Maria berangkat dari rumahnya untuk mengunjungi Elisabet saudarinya (ay 39). Perjalanan ini cukup jauh dan memakan waktu kira-kira 10 hari. Untuk apa? Alkitab memang tidak mengatakan alasannya. Tetapi, jika memperhatikan seluruh konteks cerita, bisa terjadi bahwa Maria sebenarnya ingin membuktikan apakah yang dikatakan oleh Malaikat Gabriel memang benar.

Pertemuan antara keduanya membuktikan kebenaran apa yang diberitakan malaikat. Elisabet mengandung. Kepada Maria, akhirnya dikatakan, ā€¯Berbahagialah ia yang telah percaya sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksanaā€¯ (ay 45). Melihat kenyataan yang ada di hadapannya, Maria percaya. Dan, ia tinggal di sana membantu sanaknya tampaknya sampai anaknya lahir (ay 56).

Lalu? Mempersoalkan kata-kata Tuhan rasanya merupakan sesuatu yang manusiawi dan wajar saja. Maria juga bersikap seperti itu. Persoalannya, setelah keinginan kita terbukti, apakah kita berani berbalik dan percaya? Maria percaya, kita?




Kunjungan: 1841
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com