Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Tantangan Komunikasi Sosial Gereja - Hidup Katolik

Tantangan Komunikasi Sosial Gereja

Rabu, 8 Juni 2011 19:58 WIB
Tantangan Komunikasi Sosial Gereja
HIDUP/Y. Prayogo
Alfons Agus Duka SVD

Komunikasi zaman ini tidak bisa lepas dari teknologi baru. Era digital telah mengubah cara komunikasi secara signifikan. Dan, masyarakat kini mengalami sebuah transformasi budaya yang besar. Hal ini juga memiliki implikasi, khususnya bagi Gereja Katolik.

Untuk itu, HIDUP mewawancarai Sekretaris Eksekutif Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Wali gereja Indonesia, Pastor Alfons Agus Duka SVD, Selasa, 24/5. Berikut petikannya :

Apa poin penting karya komunikasi sosial perbukuan dalam pewartaan Gereja Katolik?

Para penerbit buku, baik umum maupun rohani, teristimewa buku-buku rohani Katolik telah membantu pewartaan Gereja Katolik. Di Indonesia, pewartaan masih dalam bentuk teks hardcopy belum melalui digital. Saat ini penerbit buku, khususnya penerbit Katolik, masih berupa teks yang dicetak di atas kertas.

Apa tanggapan Romo tentang dunia perbukuan dalam era digital, mengacu pada surat Paus tentang Komunikasi Sosial se-Dunia ke-45?

Bersamaan dengan Hari Komunikasi Sosial se-Dunia ini, penerbit Katolik ditantang melalui pesan Paus selama tiga tahun berturut-turut, supaya dunia perbukuan dalam bentuk cetak masuk ke dunia digital.

Ada relevansi surat Paus untuk Indonesia. Di Jakarta. orang dapat memakai fasilitas internet. Bagaimana dengan tempat yang tidak terjangkau jaringan internet, seperti Papua? Digunakanlah radio. Paus menekankan agar orang-orang yang bisa mempergunakan sebuah sarana media digital harus masuk dan menggunakan internet.

Internet berfungsi untuk mengatasi jarak dan waktu untuk mengirim informasi baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Pesan yang dikirim lewat dunia digital lebih cepat dan tepat. Internet membantu pewartaan Gereja Katolik. Namun, kebenaran di dunia internet ini terkadang diragukan kredibilitasnya, karena tidak tercantumnya instansi yang jelas atau cap dari lembaga yang memberikan informasi.

Tantangan para penerbit Katolik dalam menghadapi era digital?

Kelambanan dunia media cetak dalam menyampaikan informasi, telah mendapat tantangan dari media digital. Dengan masuknya media cetak ke dalam internet, semua pesan akan tersampaikan tepat pada waktunya.

Media digital merupakan sebuah tantangan bagi penerbit buku. Tergantung penerbit tersebut bersedia masuk ke dunia digital, atau menolaknya. Penerbit juga harus bersedia menerima risiko. Jika penerbit masuk ke dunia digital, produksi cetaknya akan semakin berkurang, karena konsumen sudah bisa membacanya di internet.

Tetapi, penerbit tetap bisa berpromosi melalui media digital dan akan mendapatkan banyak keuntungan. Nama penerbit makin dikenal publik, dan buku (cetakan) yang dipromosikannya lewat dunia internet akan naik penjualannya. Jadi, penerbit-penerbit buku harus berani masuk ke dalam dunia digital, namun tetap mempertahankan produk cetaknya. Dunia penerbitan juga harus memperbaiki kualitasnya, serta perlu adanya upaya kreatif dan inovatif.

Bagaimana membangun jaringan antarpenerbit Katolik (SEKSAMA) atau dengan lembaga lainnya?

Jejaring di kalangan para penerbit SEKSAMA memang agak sulit dilakukan. Penerbit Katolik memiliki visi yang hampir sama, tetapi dalam pelaksanaannya terjadi persaingan bisnis. Mereka berlomba-lomba mendapatkan keuntungan, kecuali bisnis cinta kasih. Para penerbit SEKSAMA sebenarnya juga telah masuk ke pasar pemerintah, seperti Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama.


Benny Sabdo, Laporan: Margaretha Krismi E.




Kunjungan: 1471
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com