Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Hati Kudus Yesus Renungan Jumat, 1 Juli 2011 - Hidup Katolik

Hati Kudus Yesus
Renungan Jumat, 1 Juli 2011

Kamis, 30 Juni 2011 14:30 WIB
Hati Kudus Yesus<br> Renungan Jumat, 1 Juli 2011
www.truedinos.webnode.com

V. Indra Sanjaya Pr

Ul 7:6-11; Mzm 103:1-2,3-4,6-7,8, 10; Yoh 4:7-16; Mat 11,24-30

Hari Jumat ketiga sesudah Pentakosta, Gereja merayakan Hari Raya Hati Yesus yang Mahakudus. Perayaan liturgi pada tingkat hari raya (sollemnitas) adalah tingkat tertinggi dalam liturgi Gereja Roma. Dengan kata lain, penghormatan pada Hati Yesus yang Mahakudus mendapat tempat istimewa dalam tradisi Gereja Katolik. Mau dikenangkan dalam pesta ini, Hati Yesus yang Mahakudus yang bisa menunjuk pada hati Yesus yang terluka karena tertusuk tombak, tetapi bisa juga menunjuk kepada cinta Yesus kepada umat manusia.

Di dalam Alkitab, baik PL maupun PB, memang kata ”hati” dipakai sekurangkurangnya dalam dua arti, yaitu arti harafiah (organ tubuh manusia) dan arti kiasan (menunjuk pada pribadi manusia, pusat emosi, perasaan, kehendak, dsb). Penghormatan terhadap Hati Kudus Yesus dimaksudkan sebagai silih untuk dosa-dosa kita terutama karena dosa tidak tahu terima kasih di hadapan cinta Yesus yang tiada habis-habisnya sebagaimana terungkap dalam firman-Nya, ”Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah gandar yang Kupasang dan belajarlah kepada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan” (Mat 11,28-29). Ini adalah salah satu teks Kitab Suci yang paling indah dan menyentuh.

Lalu? Relasi cinta adalah relasi timbal balik. Orang tidak akan bisa membalas cinta, kalau ia sendiri tidak pernah merasakan cinta itu. Pertanyaannya adalah apakah kita memang pernah merasakan cinta Yesus itu?




Kunjungan: 1462
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com