Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Penampakan di Gargano - Hidup Katolik

Penampakan di Gargano

Jumat, 5 Agustus 2011 17:35 WIB
Penampakan di Gargano
[www.art-reproductions.net]
Santo Mikael

HIDUPKATOLIK.com - Sejak lama orang berseru kepada Malaikat Agung St Mikael, memohon perlindungannya dalam berbagai peristiwa. Mikael dikenal sebagai pembela kaum beriman dalam menghadapi musuh yang jahat dan kuasa setan. Mikael bersama malaikat-malaikatnya telah mengalahkan Lucifer.


Meskipun begitu, setan akan terus berusaha menjauhkan manusia dari Tuhan. Dalam keyakinan penuh akan Tuhan, orang beriman yang bersekutu dengan Mikael akan mengalahkan kuasa setan.

Pada 590 wabah hebat menyerang Roma. Paus Gregorius Agung memimpin suatu arak-arakan melintasi jalan-jalan sebagai laku penitensi atau silih atas dosa dan memohon pengampunan. Di makam Kaisar Adrian (sekarang Kastil Santo Angelo dekat Basilika St Petrus), St Mikael menampakkan diri dan menyarungkan pedangnya sebagai tanda berakhirnya wabah.

Sesudahnya, Bapa Suci membangun gereja besar di puncak makam tersebut, dan sebuah patung besar St Mikael berdiri di sana hingga sekarang Penghormatan kepada Mikael semakin besar setelah penampakannya di atas Gunung Gargano Italia pada abad ke-5. Di atas gunung ini lantas didirikan sebuah gereja megah untuk menghormati Mikael.

Pada musim semi 1994, Paus Yohanes Paulus II mendorong umat beriman mendaraskan doa kepada Malaikat Agung St Mikael. Bapa Suci juga mendesak dipraktikkannya kembali pendarasan doa tersebut dalam Misa.

Bapa Suci bermaksud menanggapi kejahatan-kejahatan hebat yang terjadi dewasa ini, yakni dosa-dosa aborsi, eutanasia, pornografi, percabulan, penyiksaan anak, terorisme, pembantaian bangsa-bangsa tertentu, dsb.

Tak diragukan lagi, setan dan para malaikat pembantunya terus berusaha menjerumuskan jiwa-jiwa ke dalam neraka. Karena itulah, umat Katolik membutuhkan pertolongan St Mikael.

Orang-orang Negro Amerika bernyanyi, ”Michael, row the boat ashore! Alleluia.” Lagu ini mengingatkan tradisi tentang St Mikael sebagai penerima dan pengawal jiwa orang yang meninggal. Pesta peringatan Santo Mikael jatuh setiap 29 September.


Ivonne Suryanto




Kunjungan: 1364
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com