Sumatera Utara: Yubileum Gereja Katolik Samosir

560
Perayaan Yubileum 75 Tahun Gereja Katolik di Samosir.
[Roni Antonius S.]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com – Di tepi danau Toba, sekarang Stasi Silaban, Paroki Santo Fransiskus Asisi Palipi, Diego van Bigelaar OFMCap menginjakkan kaki pertama kali, 75 tahun lalu. Karena itulah, Stasi ini dipilih sebagai tempat perayaan imam mengenang 75 Tahun Gereja Katolik di Samosir, Keuskupan Agung Medan, Sumatera Utara.

Minggu, 3/7, sekitar 1000 umat hadir di tempat ini. Mereka datang dari Paroki Santo Mikael Pangururan, Paroki Palipi, Paroki Santo Paulus Onan Runggu, dan Paroki Santa Maria Claret Tomok. Turut hadir, tiga uskup yang berasal dari tanah Batak, yakni Uskup Agung Medan Mgr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap, Uskup Agung Emeritus Medan Mgr Pius Datubara OFMCap, dan putra asli Palipi Mgr Martinus Dogma Situmorang OFMCap, yang kini menjadi Uskup Padang sekaligus Ketua Presidium KWI. Para uskup memimpin Ekaristi.

Dalam kotbahnya, Mgr Martinus mengungkapkan syukur kepada Tuhan karena telah mengirimkan para misionaris tangguh, seperti PastorDiego van Bigelaar, Pastor Beatus Jenniskens, dan lainnya.

Perayaan ini dimeriahkan Maria Pasaribu – Finalis Mamamia, Paduan Suara Ave Verum, dan Paduan Suara Magnificat. Kemudian, Operet Perjalanan Misi Katolik di Samosir yang dibawakan para frater dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Sinaksak, Pematangsiantar.

Rangkaian kegiatan menyambut peringatan 75 tahun ditandari, antara lain dengan kegiatan penghijauan di Stasi Junjungan Paroki Santo Paulus Onan Runggu, 11-12/12 2010, perayaan Natal ASMIKA di Paroki Palipi, 26/12/ 2010, dan Pesta Budaya di Paroki Santo Antonius Maria Claret Tomok, 8/5/2011.

“Mariaria do tondingku, mandok mauliate tu Debata, siala basabasa-Na, naung 75 taon Katolik di Samosir” (Hatiku bersukacita, mengucap syukur kepada Tuhan karena rahmat-Nya atas kehadiran 75 tahun Gereja Katolik di Samosir).

R.B. Yoga Kuswandono,
Laporan: Roni Antonius S. dan Gabriel Y.N.B. CMF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here