Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Pernah melihat gambar Yesus sedang tertawa? - Hidup Katolik

Pernah melihat gambar Yesus sedang tertawa?

Jumat, 23 September 2011 19:46 WIB
Pernah melihat gambar Yesus sedang tertawa?
[philter48.com]

HIDUPKATOLIK.com - Apakah saudara pernah melihat gambar Yesus sedang tertawa? Saya melihat gambar itu pertama kali di Paroki Cilacap. Pastor Carolus Burrows OMI sambil senyum-senyum mengatakan bahwa kita harus sering memperkenalkan Tuhan yang sedang tertawa bahagia melihat umat-Nya. Lalu, Pastor Carolus sendiri mulai tertawa-tawa. Saya juga ikut tertawa.

Kalau saat ini ada aktivitas di gereja: Gambar Tuhan macam apa yang dilihat umat ketika mereka pergi ke gereja? Apakah para pastor masih rajin berdiri di depan gereja pada hari Minggu menjelang Misa? Pastor Rudi baru pindah ke Paroki Paulus Bandung, dan ia rajin berdiri di depan gereja menjelang Misa untuk menyapa umat. Umat rupanya sangat senang. Rupanya kebiasaan Romo Rudi di Paroki Pamanukan yang hanya satu kali Misa pada hari Minggu, dibawanya ke Paroki Paulus.

Zaman dulu, ketika Mgr P.M. Arntz OSC masih menjadi Uskup Bandung, di Katedral Bandung, sesudah Misa selesai semua pastor termasuk uskup pasti keluar dari pastoran menuju halaman untuk menyalami umat yang keluar dari gereja. Waktu itu memang halaman Katedral Bandung tidak dipenuhi mobil parkir. Di Paroki Cilacap, dulu ada bruder yang dengan setia selalu berdiri di depan gereja menyalami umat. Kadang ada permen atau gambar-gambar suci di sakunya untuk anak-anak. Kalau menghadiri Misa di gereja Paroki Cilacap dan belum menyalami bruder, konon belum lengkap. Apakah para uskup, para pastor, dan bruder yang menyapa umat di halaman gereja itu, tertawa dan tersenyum? Apakah dengan menyapa umat seperti itu, umat merasa disapa Tuhan sendiri?

Pentingkah memperlihatkan wajah Gereja yang ramah, wajah Gereja yang tertawa? Bukan hanya Tuhan yang ramah dan menyambut umat dengan tertawa. Namun, juga pastor, petugas gereja, dan semua umatnya. Di Korea, ada kebiasaan setiap umat yang hadir di gereja memakai kartu nama di dadanya sebelah kiri atas. Pastor pun memakai kartu nama seperti itu. Saya bertanya: “Mengapa?” Oh, di Korea banyak nama yang sama, misalnya Mr Kim dan Mrs Lee. Di Korea, umat juga malu kalau selalu menanyakan nama karena lupa. Jadi, di paroki di Korea itu setiapkali berjumpa dengan pastor atau umat lain, mereka saling menyapa “Anyong haseo”, yang artinya “salam sejahtera”, lalu sedikit membungkuk saling menghormat sambil tersenyum. Rasanya menyenangkan benar datang ke gereja dengan suasana seperti itu.

Tentu saja gambar Yesus yang tertawa bukan hanya diperlihatkan dengan sapaan para pastor di halaman gereja. Apakah dalam berbagai aktivitas gereja, kita memperlihatkan Yesus yang membawa optimisme, harapan, dan kegembiraan? Kesulitan dan perjuangan hidup sudah cukup berat. Yesus sendiri bilang, “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu” (Mat 11:28).

Ada seorang ibu di Tasikmalaya yang sering berkunjung ke gang-gang sempit di belakang rumahnya. Rumah ibu itu besar dan bagus. Ibu itu cukup berpunya karena suaminya pengusaha yang berhasil. Mengapa ia sering berkunjung ke ganggang di belakang rumahnya? Ibu itu bilang bahwa ia tidak bisa tidur nyenyak kalau ada orang sakit di belakang rumahnya, dan orang itu tidak bisa berobat. Ia tidak bisa tenang kalau tahu ada anak-anak di belakang rumahnya tidak punya biaya untuk sekolah. Maka, sambil jalan-jalan ke gang-gang itu, ia mencoba membantu mereka yang sedang sakit, perlu uang sekolah. Saya yakin, ibu ini sedang memperlihatkan wajah Tuhan kepada sesama manusia. Bukan wajah yang cemberut dan tidak peduli, melainkan wajah Tuhan yang tertawa dan memberi kekuatan dan kegembiraan.


St. Ferry Sutrisna Wijaya Pr




Kunjungan: 6600
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com