Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


St Fransiskus Asisi, Pelindung Lingkungan Hidup - Hidup Katolik

St Fransiskus Asisi,
Pelindung Lingkungan Hidup

Jumat, 23 September 2011 18:43 WIB
St Fransiskus Asisi,<br> Pelindung Lingkungan Hidup
[1800sunstar.com]

HIDUPKATOLIK.com - Santo Fransiskus Asisi bisa berbicara dengan burung dan binatang lainnya. Oleh sebab itu, ia dikenal sebagai santo pelindung bagi binatang dan lingkungan hidup. Patungnya seringkali diletakkan di taman untuk menghormati minatnya dan kesatuannya dengan alam.

Patung yang semacam ini juga terlihat di Paroki St Fransiskus Asisi Tebet. Patung yang berada di taman paroki memperlihatkan bagaimana Santo Fransiskus dekat dengan binatang, yaitu merpati.

Ia dijuluki “Sahabat Alam Semesta” karena cintanya yang besar dan dalam terhadap alam ciptaan Tuhan. Semua ciptaan menggerakkan jiwanya untuk bersyukur kepada Tuhan dan memuliakan keagungan-Nya.

Kecintaannya pada alam dan binatang dituangkannya saat menghidupkan kembali gua Betlehem dengan patung-patung yang besar. Ini terjadi pada 1223 saat ia merayakan Natal di daerah Greccio. Fransiskus menghidupkan kembali penghormatan kepada Kanak-Kanak Yesus. Dengan begitu, tidak hanya bayi Yesus yang divisualisasikan, tetapi binatang dan keindahan alam ditampilkan dalam gua yang kini biasa disebut gua Natal.

Fransiskus memiliki karunia berbicara dengan semua ciptaan seperti layaknya manusia. Semua disapanya sebagai “saudara”: saudara matahari, saudari bulan, saudara burung-burung, dan sebagainya.


J.S. de Britto




Kunjungan: 2237
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com