Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Rahmat Istimewa Tuhan Renungan Rabu, 12 Oktober 2011 - Hidup Katolik

Rahmat Istimewa Tuhan
Renungan Rabu, 12 Oktober 2011

Rabu, 12 Oktober 2011 12:48 WIB
Rahmat Istimewa Tuhan <br>Renungan Rabu, 12 Oktober 2011
[truthbook.com]

Deshi Ramadhani SJ

Rom 2:1-11; Mzm 62; Luk 11:42-46

HIDUPKATOLIK.com - Konon, Gereja adalah tempat yang paling enak untuk menipu. Para imam dan suster mudah ditipu. Kalau pun akhirnya terbongkar, mereka akan mudah memaafkan. Para penipu ini sangat lihai memanfaatkan kebaikan pihak lain. Mereka yang pernah tertipu pun kadang hanya bisa berharap bahwa keadilan Tuhan sendiri yang akan terjadi. Namun demikian, ternyata para penipu itu masih bisa berkeliling menghisap darah korban-korban lainnya.

Sebenarnya, ini pula gambaran tentang sikap kita terhadap Tuhan. Kita tahu bahwa Ia baik, sehingga kita memanfaatkan kesabaran dan kelapangan hati-Nya. Dengan itu kita bisa menunda-nunda saat pertobatan kita. Selagi muda, sehat, sukses, tidaklah terlalu mendesak untuk bertobat. Paulus secara keras mengingatkan bahwa murka Tuhan akan turun atas orang yang mencari kepentingan sendiri. Tuhan tidak akan pandang bulu. Siapa pun, bangsa mana pun, status apa pun, harus bertobat menjadi orang baik.

Masalahnya, kita kerap terkurung dalam patokan kebaikan yang kita yakini. Orang Farisi yakin bahwa mereka sudah baik hanya dengan membayar selasih dan inggu. Mereka lupa akan pentingnya keadilan dan belas kasih. Kita bisa merasa bahagia, penuh realisasi diri, tetapi tidak sadar bahwa kita menjadi beban bagi orang lain. Yang buruk di luar sana kita kecam, tetapi yang buruk di dalam kita jaga. Maka, doa ini perlu menjadi peringatan untuk kita, ”Tuhan, Engkau membalas tiap orang menurut perbuatannya.”




Kunjungan: 891
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com