Italia Selatan: Paus Kecam Mafia dan Kejahatan

17
Paus Benediktus XVI
[washingtonexaminer.com]
Italia Selatan: Paus Kecam Mafia dan Kejahatan
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Dalam kunjungan ke daerah Lamezia Terme, Calabria, Italia Selatan, Minggu, 9/10, Paus Benediktus XVI menyo­roti masalah kejahatan dan pengangguran di daerah itu. Saat memimpin Ekaristi yang dihadiri sekitar 40.000 orang, Paus menghimbau agar umat tidak takut dan kalah pada situasi ini.

Calabria adalah rumah geng Ndrangheta yang mendalangi banyak tindak kejahatan terorganisasi di Ero­pa, termasuk pencucian uang, perdagangan narko­ba, dan pemerasan. Pengangguran di wilayah ini sekitar 32 persen, empat kali lebih tinggi dari tingkat pengangguran secara nasional.

Walikota Lamezia Terme, Gianni Speranza, mengatakan bahwa masyarakat tidak bo­leh membiarkan para mafia semakin berkuasa dan kejahatan terorganisir tumbuh lebih kuat. Secara khusus Gianni sangat berterima kasih kepada Paus atas kunjungan ini. Menurutnya, kunjungan ini akan semakin memberi mereka kekuatan dan keberanian untuk bersuara.

Paus juga berpesan agar masyarakat tidak menyerah pada keadaan. “Jangan pernah menyerah pada godaan pesimisme dan niat untuk menyerah. Dengan mengandalkan sumber daya iman dan kapasitas manusiawi, berusahalah untuk bertumbuh dalam kemampuan berkolaborasi dalam menjaga stabilitas kehidupan Anda sendiri dan kehidupan sosial.”

Stefanus P. Elu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here