Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Apakah Maria satu-satunya wanita yang terpuji dalam Kitab Suci? - Hidup Katolik

Apakah Maria satu-satunya wanita yang terpuji dalam Kitab Suci?

Senin, 28 November 2011 12:14 WIB
Apakah Maria satu-satunya wanita yang terpuji dalam Kitab Suci?
[www.azurs.net]

HIDUPKATOLIK.com - Apakah Bunda Maria adalah satu-satunya wanita, ”terpuji di antara wanita” dalam Kitab Suci?

Martha Soetedja, Surabaya

Tidak, Maria bukan satu-satunya wanita yang disebut ”terpuji di antara wanita.” (Luk 1:42). Dalam Perjanjian Lama, ada dua wanita lain yang dipuji demikian. Pertama, yaitu Yael, ”diberkatilah Yael, isteri Heber, orang Keni itu, melebihi perempuan-perempuan lain” (Hak 5:24); dan kedua, Yudit, ”Allah yang Mahatinggi memberkatilah engkau, hai anakku, lebih dari pada semua perempuan di atas bumi.” (Ydt 13:18).

Penginjil Lukas memang secara sengaja menggunakan pujian ”terpujilah di antara wanita” justru untuk membandingkan peran penting Maria dengan dua sosok dalam Perjanjian Lama itu.

Jael, bersama Deborah, membawa kemenangan Israel dengan membunuh Sisera, komandan orang Kanaan. Deborah adalah Ibu Israel yang memanggil anak-anaknya untuk hidup menurut Taurat dan menghimbau Israel untuk memuliakan Tuhan. Maria menyuruh pelayan untuk melakukan apa saja yang disuruh Yesus, sehingga membawa kemuliaan Tuhan, yang disimbolkan perubahan air menjadi anggur (Yoh 2:1-5).

Mirip dengan Deborah dan Jael, Yudit membawa kemenangan Israel melawan Holofernes. Pada Ydt 11:17, Yudit melukiskan dirinya sendiri: ”hamba-Mu ini adalah seorang wanita yang takut akan Allah, siang malam melayani Yang berkuasa di surga.” Yudit adalah seorang yang taat beribadat, hidup murni, menaati upacara-upacara pemurnian dan pembersihan (12:2, 9, 19; 16:18). Yudit itu kaya, cantik, dan mempunyai reputasi yang sangat baik di antara semua orang (8:7-8).

Pribadi dan peran Yudit itu yang mau digambarkan Lukas pada Maria dengan sebutan ”terpuji di antara wanita”. Maria berperan penting dalam membawa kemenangan melawan musuh.

Dr Petrus Maria Handoko CM




Kunjungan: 1403
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com