Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


HPS 2011: Umbi-umbian Pengganti Beras - Hidup Katolik

HPS 2011: Umbi-umbian Pengganti Beras

Jumat, 9 Desember 2011 13:25 WIB
HPS 2011: Umbi-umbian Pengganti Beras
[NN]
Kue singkong Meksiko

HIDUPKATOLIK.com - Umbi-umbian bisa bernilai ekonomis tinggi, sebagai pengganti beras. Contohnya konyaku, dan shirataki makanan khas Jepang, yang terbuat dari bahan baku umbi iles-iles, (Amorphophallus konjac).

Sosok umbi iles-iles mirip dengan suweg (Amorphophallus paeoniifolius) dan acung (walur, Amorphophallus variabillis). Di Indonesia, iles-iles banyak dibudidayakan di bawah tegakan hutan jati di Jateng dan Jatim.

Beni Imo Soft Cream

Orang Jepang juga senang Beni Imo Soft Cream, yang berbahan baku ubi jalar ungu Okinawa (Okinawan Sweet Potatoes, Japanese Purple Potatoes, Japanese Sweet Potatoes). Di Indonesia dikenal varietas ubi jalar ungu gunung kawi, yang banyak dijajakan di tempat wisata ziarah Gunung Kawi, Jawa Timur.

Balai Penelitian Kacang-kacangan dan Umbi-umbian (Balitkabi) di Malang telah mengintroduksi varietas Ayamurasaki dan Yamagawa-murasaki dari Jepang, dan mengembangkan tiga klon ubi jalar ungu yang kaya antosianin, yakni MSU 01022-12, MSU 03028-10, dan RIS 03063-05.

Uwi-uwian di Taiwan

Cake dan kue talam dari ubi ungu (Dioscorea alata) sangat populer di Taiwan. Di Jawa Tengah, ubi ungu ini disebut uwi dan di Jawa Barat, huwi. Spesies ini terdiri dari banyak forma dengan bentuk memanjang, membulat, dan tidak beraturan. Forma umbi memanjang, misalnya huwi tiang, uwi putih, uwi gedangan, ubi uler. Katagori tipe bulat, misalnya uwi/ ubi kelapa.

Di Indonesia, popularitas uwi kalah dibanding ubi aung, (gembili, Dioscorea aculeata umbi kecil), dan gembolo (Dioscorea aculeata umbi besar). Genus Dioscorea lainnya adalah ubi sunda (Dioscorea penthapylla) yang daunnya menjari, gadung (Dioscorea hispida), dan jebubug (jebuk, ubi singapur, Dioscorea bulbifora).

Kalo, Haloa, dan Poi di Hawaii

Umbi talas (Kalo, Taro, Colocasia esculenta) sangat dikeramatkan di Hawaii, karena dianggap jelmaan nenek moyang, dengan energi kehidupan tertinggi. Talas disebut Haloa-naka (napas abadi), yang merupakan anak pertama Wakea (Bapa Angkasa) dengan Papa (Ibu Pertiwi).

Menu khas dari talas disebut Kalo dan Poi, yang berarti daya hidup masyarakat Hawaii. Untuk menghormati Haloa-naka, setiap awal April di Hawaii diselenggarakan festival talas. Kehadiran talas di meja makan keluarga Hawaii, dianggap sama dengan kehadiran roh nenek moyang.


Kebun Talas Hawaii [NN]

Talas (Colocasia Sp) lain dengan keladi (Xanthosoma Sp), dan sente (Alocasia Sp). Di Hawaii, beberapa spesies keladi dan sente juga sebagai taro. Misalnya, Alocasia macrorrhizos yang mereka sebut sebagai Giant Taro, Elephant Ear, Ape flower. Sementara Alocasia cucullata mereka sebut Chinese Taro. Keladi Xanthosoma saggitifolium pun juga sering dianggap sebagai taro.

Garut dan ganyong

Tepung garut adalah bahan bubur, puding, hunkwe, campuran cokelat batangan, tablet dengan bahan aktif Barium, bedak, sampai ke bahan pengisi (filler) dalam industri kertas. Di Indonesia, garut (Maranta arundinacea) disebut larut, patat, (Sunda); angkrik, arus, jelarut, irut, larut, kerut (Jawa); krarus, marus (Madura); huda, sula (Maluku). Dalam bahasa Inggris, garut disebut sebagai indian arrowroot.

Nama garut diduga berasal dari bahasa Karibia araruta (akar bertepung). Ada juga yang menduga arrowroot berasal dari kebiasaan bangsa Indian yang menggunakan parutan umbi garut (root) sebagai obat (tapal) untuk luka kena panah (arrow). Sama dengan singkong, ubi jalar, keladi, dan ganyong; tanaman garut juga berasal dari Amerika Tropis.

Selain tepung arrowroot asli, juga dikenal tepung Queensland Arrowroot, yang terbuat dari umbi ganyong (Canna edulis). Nama ganyong berasal dari bahasa Sunda. Orang Jawa menyebutnya midro, nyidro, puspo nyidro, dan limbong. Di Madura, namanya banyur atau manyong.

Singkong dan kentang

Banyak konsumen bakso dan pempek yang tidak tahu bahan baku dua produk ini. Bakso adalah pati singkong (tapioka) yang digiling dengan daging sapi. Pempek adalah tepung tapioka dicampur daging ikan belida, atau tenggiri. Di pasar global, produk olahan singkong dibedakan menjadi dua jenis, yakni tapioca (pati singkong) dan cassava (tepung singkong), yang dibedakan menjadi cassava powder (tepung gaplek), dan cassava flour (tepung singkong segar).

Beda dengan singkong yang sudah bisa berfungsi sebagai bahan pangan populer berupa bakso dan pempek, kentang masih sebatas dimanfaatkan sebagai snack dan sayur. Maka, oleh Kementerian Pertanian, kentang bukan dikategorikan sebagai tanaman pangan, melainkan tanaman sayuran. Bangsa Belanda membawa kentang ke Jawa, tahun 1794, kemudian ke Brastagi, Sumatra Utara, tahun 1811.


F. Rahardi




Kunjungan: 1542
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081318544200 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Info iklan | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com