Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Meditasi Doa Yesus di Cikanyere - Hidup Katolik

Meditasi Doa Yesus di Cikanyere

Rabu, 8 Februari 2012 10:15 WIB
Meditasi Doa Yesus di Cikanyere
[HIDUP/Budi Santosa Johanes]
Para biarawan Carmelitae Sancti Eliae (CSE) sedang berdoa di Pertapaan Lembah Karmel Cikanyere, Cipanas, Jawa Barat.

HIDUPKATOLIK.com - Selain kelompok meditasi yang sekarang berkembang di paroki-paroki, Pertapaan Lembah Karmel Cikanyere, Cipanas, Jawa Barat adalah satu tempat retret yang terkenal akan doa meditasinya sejak pertama kali tempat ini didirikan. “Mereka menggunakan meditasi doa Yesus,” jelas Pastor Fransiskus Doy Pr.

Metode Doa Yesus ini hampir sama dengan Doa Maranatha yang dilakukan Komunitas Meditasi Kristiani. Saat melakukan Doa Maranatha, seseorang yang bermeditasi akan duduk dalam posisi nyaman, memejamkan mata, dan mengucapkan empat suku kata Ma, Ra, Na, Tha, secara perlahan dan berulang-ulang. Dengan mengucapkan kata ini berulang-ulang, diharapkan seseorang dapat masuk ke dalam suasana hening.

Hal yang sama, seseorang yang bermeditasi Doa Yesus akan mengucapkan kata “Yesus” berulang-ulang hingga ia dapat masuk ke dalam suasana hening. Meditasi Doa Yesus akan terasa lebih intensif jika seseorang mengikuti retret yang dinamakan Retret Padang Gurun. Dalam retret ini, seseorang akan benar-benar melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari dan pikiran-pikiran duniawi, serta dilatih untuk berkonsentrasi pada dirinya dan pada meditasi yang sedang dilakukannya.

Di Pertapaan Cikanyere, tinggal para biarawan Carmelitae Sancti Eliae (CSE) yang membantu umat dalam retret. Ada pula para frater yang mengabdikan dirinya seumur hidup hanya untuk berdoa di satu tempat yang sunyi. Merekalah yang akan menemani umat yang tertarik mengikuti Retret Padang Gurun dan merasakan hidup dalam keheningan.

R.B. Yoga Kuswandono




Kunjungan: 4099
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com