Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Makna Hirarki Gereja Katolik Indonesia - Hidup Katolik

Makna Hirarki Gereja Katolik Indonesia

Kamis, 9 Februari 2012 11:25 WIB
Makna Hirarki Gereja Katolik Indonesia
[Dok. HIDUP]
Mgr F.X. Hadisumarta OCarm

HIDUPKATOLIK.com - Mgr F.X. Hadisumarta OCarm merupakan salah satu narasumber dalam seminar ”Menuju Gereja yang Makin Mengindonesia” pada 12 Oktober 2011. Mgr Hadi, begitu sapaannya, pernah menjabat sebagai Ketua MAWI/KWI selama tiga periode (1979-1988).

Uskup Emeritus Keuskupan Manokwari-Sorong ini mengungkapkan bahwa Gereja pada dasarnya harus hirarkis, ada yang memimpin. Tetapi, hirarki jangan disamakan dengan mendikte. ”Gereja adalah kita. Hirarki sendiri sebenarnya memimpin bersama awam, ada kerjasama antara tertahbis dengan awam,” demikian Mgr Hadi.

Hirarki sangat dibutuhkan, karena dengan hirarki ajaran Gereja dan kesatuan Gereja Katolik di Indonesia akan lebih terjamin. Meski ajaran Kristus yang satu diungkapkan dengan cara yang berbeda, tergantung pada budaya masing-masing daerah, tetapi isinya sama.

Tahun 2011 diperingati sebagai Tahun Syukur atas 50 Tahun Hirarki Gereja Indonesia. Perayaan dan kegiatan dilakukan di berbagai keuskupan di Indonesia. Mgr Hadi mengajak umat supaya tidak hanya merayakannya dengan pesta, ”Tetapi, kita harus mawas diri, refleksi, sejauh mana Gereja di Indonesia memperkenalkan wajah Kristus di masyarakat. Kita juga diingatkan akan peranan para uskup setempat dalam hubungannya dengan Gereja universal dan dengan Gereja kontinental, nasional, regional, dan lokal provinsial gerejawi.”

Uskup kelahiran Ambarawa, 13 Desember 1932 ini menambahkan bahwa semangat pelayanan dan kepedulian pada masyarakat harus ditingkatkan, khususnya kepedulian terhadap kaum miskin . Selain itu, kerjasama, kepedulian, dan kesetiakawanan antarkeuskupan juga perlu dibina sehingga keuskupan yang berada dalam situasi lebih baik ikut memikirkan keuskupan yang keadaannya kurang baik.

Maria Pertiwi




Kunjungan: 1312
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081318544200 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Info iklan | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com