Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Drs Haryo Goeritno MSi: Perempuan Pulang Malam - Hidup Katolik

Drs Haryo Goeritno MSi: Perempuan Pulang Malam

Rabu, 11 April 2012 14:52 WIB
Drs Haryo Goeritno MSi: Perempuan Pulang Malam
[thewellarmedwoman.com]

HIDUPKATOLIK.com - Pengasuh yang baik, saya perempuan berusia 26 tahun, bekerja sebagai seorang sekretaris di sebuah perusahaan. Karena banyaknya pekerjaan, saya sering pulang malam. Situasi itu terkadang memicu pertengkaran antara saya dengan kakek saya, yang tidak bisa menerima kalau saya sebagai anak perempuan harus pulang malam terus. Bagaimana saya harus menjelaskan kepadanya?

Merry, Jakarta

Merry yang baik, terimakasih atas permasalahan yang Anda kirimkan dalam rubrik Konsultasi Keluarga Majalah HIDUP ini. Semoga kasus ini bisa memberi masukan dan inspirasi pada saudara-saudara kita yang juga memiliki masalah yang sama atau mirip dengan yang Anda rasakan.

Sebelum kami memberikan penyelesaian permasalahan yang Anda hadapi, sebenarnya ada beberapa pertanyaan yang ingin kami ajukan yang berkaitan dengan kakek Anda. Misalnya, berapa usia kakek? Apa latarbelakang keluarganya? Apa kegiatannya sehari-hari? Dan, apa tingkat pendidikan terakhir kakek Anda?

Berkaitan dengan usia bisa menjadikan petunjuk bagi kami untuk melihat sejauh mana perbedaan dan kesenjangan zaman masa kakek dengan zaman Anda saat ini. Ada kemungkinan kakek Anda senantiasa selalu membandingkan semasa ia masih muda, yaitu pada zamannya, di mana pada zaman itu seorang perempuan tidak diperbolehkan bekerja sampai malam atau sebaliknya seorang perempuan hanya menjadi ibu rumah tangga. Sehingga di luar itu, dikatakan sebagai seorang perempuan yang ”tidak baik”. Latar belakang keluarga kakek akan semakin memperjelas mengapa ia melarang Anda agar tidak pulang larut malam.

Berkaitan dengan kegiatan kakek sehari-hari, ada kemungkinan kakek kurang begitu suka membaca, mendengarkan, atau mengamati perubahan zaman. Seandainya perkiraan kami benar, maka akan menjadikan kesulitan tersendiri untuk memberikan pengertian pada kakek Anda untuk bisa menerima bahwa perempuan saat ini berbeda dengan perempuan zaman dulu. Saat ini, perempuan bekerja sampai larut malam adalah hal yang biasa. Akan tetapi sebaliknya, bila kakek Anda suka membaca, mendengarkan, dan mengikuti berita-berita yang berkembang pada saat ini, dan ini tentunya tidak bisa lepas dari tingkat pendidikan, akan lebih mudah memberikan pengertian.

Seperti diketahui bahwa pada individu yang termasuk lanjut usia, yaitu umur 65 tahun ke atas, memiliki ciri-ciri antara lain lebih senang mempertahankan pendapatnya daripada mendengarkan pendapat orang lain, sulit menyesuaikan diri atas perubahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya, kaku dalam pendiriannya, peka dan perasa, serta adanya rasa takut atau khawatir bila ditinggalkan oleh orang-orang yang dicintai.

Nah, bagaimana untuk mengatasi pertengkaran yang Anda alami? Menurut pendapat kami, pada dasarnya kakek Anda merasa khawatir bila terjadi sesuatu pada cucu perempuannya yang sering pulang larut malam. Ada beberapa cara yang bisa kami usulkan agar Anda bisa meyakinkan kakek Anda.

Pertama, berilah penjelasan pada kakek tentang pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan di kantor secara jelas dan rinci sehingga membuat Anda sering pulang larut malam. Kedua, Anda bisa minta tolong teman sekantor yang telah mengenal kakek untuk menjelaskan alasan mengapa Anda sering pulang larut malam. Ketiga, bila dimungkinkan Anda jangan pulang sendirian, tetapi berombongan dengan teman-teman, dan tentunya hal ini diketahui dan dilihat oleh kakek Anda.

Semoga dengan ini kakek Anda menjadi nyaman dan merasa tidak khawatir lagi. Namun, hal ini memerlukan waktu atau proses yang kemungkinan relatif cukup lama. Untuk menyampaikan usulan tersebut tentunya carilah waktu yang tepat, di mana kakek Anda tidak sedang sibuk bekerja atau baru ada masalah. Sampaikan dengan penuh kesabaran dan tidak emosional, gunakan kata-kata yang mudah dipahami dan diselingi candaria. Yang terpenting berilah rasa aman dan nyaman pada kakek Anda, sehingga rasa kekhawatiran tersebut sedikit demi sedikit berkurang.


Drs Haryo Goeritno MSi




Kunjungan: 986
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com