Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Yogyakarta: Guru Harus Terus Belajar - Hidup Katolik

Yogyakarta: Guru Harus Terus Belajar

Rabu, 30 Mei 2012 15:02 WIB
Yogyakarta: Guru Harus Terus Belajar
[HIDUP/Panjikristo]
Prof Dr Paulus Suparno SJ

HIDUPKATOLIK.com - Guru Besar Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, Prof Dr Paulus Suparno SJ, mengatakan, belajar terus adalah kunci untuk menjadi guru sejati, terutama dalam kompetensi pengetahuan, pendidikan, sosial, dan kepribadian. Hal ini diungkapkannya dalam seminar Hari Pendidikan Nasional dan peluncuran buku “Sekolah Itu Surga” karya H.J. Sriyanto, di aula SMA Kolese De Britto Yogyakarta, Rabu, 2/ 5. Seminar yang mengusung tema “Mengobarkan Api Mendidik” ini juga menampilkan pembicara, Nasarius Sudaryono SPd, Msi, dengan moderator A.A. Kunto A.

Menurut Pastor Paul, tak ada calon guru yang setelah lulus dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) atau universitas, langsung menjadi guru yang menguasai seluruh bidangnya. “Tidak ada yang lulus dari perguruan tinggi sudah mahir mengajar dengan cara menarik dan menyenangkan siswa. Semuanya perlu ‘jam terbang’ dan perlu keterbukaan untuk terus belajar,” urai Pastor Paul.

Mantan Rektor USD ini menyebutkan, tugas mendidik adalah tugas yang dipercayakan Tuhan untuk kemajuan dan perkembangan masa depan generasi muda. “Orangtua mempercayakan anak-anaknya kepada para guru untuk dibantu dan dikembangkan menjadi pribadi yang utuh. Dengan kesadaran ini, seorang guru akan melakukan tugasnya dengan baik,” tambahnya.


H. Bambang S.




Kunjungan: 626
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com