Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Memilih Nama Baptis dan Krisma - Hidup Katolik

Memilih Nama Baptis dan Krisma

Kamis, 21 Juni 2012 14:48 WIB
Memilih Nama Baptis dan Krisma
[Ilustrasi/HIDUP]

HIDUPKATOLIK.com - Romo yang saya kasihi, keluarga kami baru dikaruniai anak pertama, laki-laki. Setelah saya mencari nama untuk menamainya sesuai nama santo yang diperingati pada hari itu, tenyata hanya ada nama Santa Agnes dari Montepulciano. Saya bingung! Anak saya laki-laki, tidak mungkin diberi nama Agnes. Mohon saran dan bimbingan.

Oktavianus, Atambua, NTT

Saudara Oktavianus yang baik, pemberian nama santo-santa memang bisa disesuaikan dengan tanggal lahir anak yang bersangkutan atau yang terdekat dengan tanggal itu, tetapi tidak pernah ada keharusan. Pemberian nama santo-santa dapat disesuaikan dengan maksud dari orangtua atas masa depan anak.

Biasanya orangtua memberi nama santo-santa pelindung dengan maksud menyesuaikan dengan kisah, kepribadian, perjuangan, arti simbolik, hal yang dikagumi, tema kemartiran, atau juga hal-hal khusus yang terkenal dari santo-santa itu.

Nama baptis dapat dipilih berdasarkan beberapa hal berikut ini, tetapi tetap ada kebebasan memilih. Beberapa alasan yang lazim adalah berdasarkan tanggal/bulan kelahiran atau pembaptisan. Misalnya, nama Agustinus dipilih karena lahir atau dibaptis pada Agustus. Dapat juga memilih nama Natalia, karena dibaptis pada hari Natal atau sekitarnya. Yang terbaik adalah memilih nama seperti yang telah saya sampaikan di atas, yaitu berdasarkan semangat, spiritualitas, atau perjuangan orang kudus itu.

Spiritualitas dari santo-santa yang dipilih dapat menjadi pengingat dan penyemangat bagi orang yang memakai namanya. Misalnya nama Maria, karena ingin menjadi orang beriman sempurna dan setia. Dapat juga memilih nama Fransiskus Asisi karena terpikat pada semangat murah hati dan pelayanannya.

Dalam Kitab Hukum Kanonik (KHK) kanon 855 dituliskan, "Orangtua, walibaptis, dan pastor paroki hendaknya menjaga agar jangan memberikan nama yang asing dari napas kristiani." Berdasarkan kanon ini, maka aturan pemakaian nama baptis adalah untuk memberikan makna kristiani, bukan aturan lain. Dalam bahasa Inggris, nama ini disebut Christian Name (Nama Kristiani).

Ada kebebasan dalam memilih nama baptis, tetapi tetap diusahakan adanya kesesuaian makna kristiani. Dalam buku Puji Syukur, dapat ditemui nama-nama santo-santa yang bisa dipakai, demikian juga pada situs-situs resmi Gereja-Gereja paroki atau Gereja Katolik. Sebelum memilih, pastikan bahwa nama dan artinya Anda kehendaki dan baik, bukan karena keren, kebarat-baratan, atau unik saja.

Mengapa saat menerima Sakramen Krisma, kita diminta untuk memilih lagi nama Krisma dari santo-santa? Mengapa tidak memakai nama santo-santa yang sudah menjadi nama kita saja?

Merry, Bekasi

Saudara Merry yang baik, mengenai pemilihan nama Krisma, sebenarnya kita tidak memiliki keharusan untuk menambah nama itu pada nama baptis yang telah kita terima. Kita dapat menggunakan nama baptis untuk penerimaan sakramen ini. Akan tetapi, tetap diberi kebebasan kepada calon penerima Krisma untuk menambah nama guna menambah makna Sakramen Krisma yang diterimanya.

Prinsip pemilihan nama Krisma sama dengan pemilihan nama baptis dalam rangka maknanya. Tetapi, dalam hal ini nama Baptis memiliki nilai keharusan lebih, karena urutan sakramen inisiasi dimulai dari sakramen ini. Kalau nama baptis sudah dipilih, di kemudian hari jika tidak memilih nama tambahan baru untuk krisma, tidak apa-apa.

Jangan pernah memilih nama sebelum Anda memastikan bahwa nama itu memang benar-benar ada dan menjadi nama kristiani. Tidak semua nama dari Barat adalah nama baptis/kristiani. Silakan memilih nama yang sesuai dengan apa yang Anda renungkan dan terbaik, untuk anak Anda, untuk Anda sendiri, dan untuk orang yang barangkali meminta usulan nama. Nama orang-orang kudus yang Anda ketahui selalu menjadi andalan terbaik. Tuhan memberkati.

                                 
Alexander Erwin Santoso MSF




Kunjungan: 65010
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081318544200 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Info iklan | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com