Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Katekese Umat - Hidup Katolik
Home » Tajuk

Katekese Umat

Rabu, 27 Juni 2012 18:07 WIB
Katekese Umat
NN
Artikel Lainnya

HIDUPKATOLIK.com - Salah satu hasil Sidang Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), November tahun lalu, adalah Pesan Pastoral tentang Katekese. Pada bagian akhir, dirumuskan sembilan langkah pastoral untuk mengembangkan karya katekese.

Sembilan poin itu adalah: (1) katekese umat melalui komunitas basis dan kategorial, (2) kerjasama penanggung jawab pastoral dengan sekolah, khususnya guru agama, untuk mengembangkan katekese bagi orang muda, (3) kerjasama Komisi Kateketik, KWI dan keuskupan, dengan komisi-komisi yang terkait dengan pembinaan iman, (4) pembinaan bagi pelaksana katekese umat, (5) kebutuhan akan ahli katekese yang harus dipersiapkan dengan serius, (6) pembinaan katekese bagi imam dan calon imam, (7) dukungan finansial untuk program katekese, pembinaan dan penghidupan tenaga pastoralnya, (8) peningkatan mutu lembaga pendidikan katekese dan kerjasama dengan lembaga pendidikan calon imam, (9) pengembangan dengan pelbagai pihak, antara lain Bimas Katolik.

Sembilan langkah itu, dikatakan dalam pesan pastoral ini, penting dan mendesak untuk dituangkan dalam kebijakan-kebijakan praktis, baik di tingkat KWI, provinsi Gerejawi atau regio, keuskupan, maupun paroki.

Kebijakan praktis seperti apa? Itulah yang tidak sederhana untuk dirumuskan. Akan tampak melelahkan jika terjebak dalam diskusi dengan argumen-argumen “indah”, baik soal isi dan metode. Setidaknya, sudah ada hasil penelitian yang dapat dijadikan arah, meski harus ditindaklanjuti dengan penelitian lain.

Penelitian itu dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran umum seputar katakese, namun tidak mewakili keadaan seluruh Indonesia. Tampak bahwa umat “sangat tertarik” dan “sangat senang”, masing-masing dengan skor 3,7 dalam skala 1 sampai 4. Hal ini menunjukkan bahwa responden sangat meminati katekese. Sebagian besar responden (200 dari 322) memahami katekese terbatas pada pengembangan iman lebih lanjut. Persiapan penerimaan sakramen dan pelajaran agama di sekolah tidak dipahami sebagai bentuk katekese. Dalam hal ini, kita tidak perlu terjebak pada paham atau tidak pahamnya umat akan bentuk katekese. Umat berminat, itu poin pentingnya.

Dari penelitian yang dilakukan F.X. Dapiyanta dan F.X. Adisusanto SJ ini, terungkap juga bahwa kegiatan katekese yang diikuti responden, kebanyakan adalah katekese persiapan Komuni Pertama, Krisma, dan Perkawinan. Namun demikian, cukup banyak umat yang tidak terlayani katekese persiapan penerimaan sakramen: 29% baptis dewasa, 20% komuni pertama, 32,6% krisma, 43,2% perkawinan. Lebih banyak lagi, umat yang tidak terlayani bentuk katekese Pendampingan Iman Anak (63,7%), katekese liturgi (73,3%), kursus evangelisasi pribadi (87,3%).

Minat umat tinggi, sementara mereka tak terlayani. Sembilan langkah pastoral KWI jelas penting. Tetapi, barangkali yang tidak bisa ditunda adalah poin nomor 7, yang selengkapnya berbunyi: “Salah satu tanda bahwa karya katekese merupakan prioritas utama dalam Gereja ditampakkan dalam dukungan finansial bagi program-program katekese maupun bagi pembinaan dan penghidupan para petugas pastoral yang berkarya di bidang katekese.”

Apakah para relawan media komunikasi paroki (dalam berbagai bentuknya) bisa disebut sebagai petugas pastoral di bidang katekese? Media komunikasi paroki seharusnya didudukkan sebagai media katekese. “Institusi” ini dan pengelolanya, layak mendapatkan dukungan untuk pengembangan keahlian dalam karya katekese.


Redaksi




Kunjungan: 1599
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com