Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Membangkitkan KKMK Paroki - Hidup Katolik

Membangkitkan KKMK Paroki

Minggu, 9 Januari 2011 13:52 WIB
Membangkitkan KKMK Paroki
[NN/Dok.Pribadi]
Ka-ki; Moderator Komunitas Karyawan Muda Katolik Keuskupan Agung Jakarta (KKMK KAJ) Pastor Laurentius Setyo Antoro SCJ, Koordinator KKMK KAJ F.F.X. Jongky Sutiono, dan anggota KKMK KAJ bergandengan bersama dalam acara Temu Kangen KKMK se-KAJ bertema “One Love”.

HIDUPKATOLIK.com - Ke sana-kemari mencari kekasih, demikian Koordinator Komunitas Karyawan Muda Katolik Keuskupan Agung Jakarta (KKMK KAJ), F.F.X. Jongky Sutiono, bergurau mengenai label umum yang biasa dilekatkan pada KKMK.

Jongky mengakui, KKMK seringkali menjadi wadah cari jodoh yang seiman. Sebagian besar atau bahkan semua anggota KKMK masih single. Bahkan, salah satu syarat menjadi Koordinator Keuskupan atau Nasional adalah belum menikah.

Saat ini, keanggotaan KKMK tersebar di beberapa paroki. Dari 61 paroki di KAJ, ada 32 paroki yang memiliki organisasi KKMK walaupun di antaranya memiliki nama lain seperti Young Profesional Club (Danau Sunter), Brother & Sister (Pasar Minggu), Crescamus (Blok Q), KPMK (Bintaro dan Matraman), dan KSM (Cilandak).

Sejarah
Tahun 1984, Pastor Ignatius Ismartono SJ bersama beberapa orang yang menjadi pendiri KKMK (Ketua KKMK KAJ pertama Markus Gatot Subiyakto, Elizabeth Wong, Tony Sardjono, Deetje Budiarto, Alex Dungkal, dan Hendriani) mengadakan rekoleksi yang diikuti 60 karyawan muda.

Rekoleksi ini dilanjutkan dengan mengadakan Misa bulanan para karyawan muda di Paroki Santa Theresia, Menteng, Jakarta Pusat. Di luar dugaan, sekitar 200 karyawan muda Katolik menanggapi acara ini dengan antusias. Setelah Mgr Leo Soekoto SJ memberikan izin menjadi kelompok kategorial, komunitas ini mengambil nama Kelompok Karyawan Muda Katolik dengan hari jadi tanggal 4 November 1984.

Dalam perayaan 25 tahun (tahun 2009), Mgr Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo yang masih menjabat Uskup Koajutor Jakarta mengusulkan perubahan nama menjadi Komunitas Karyawan Muda Katolik. Hal ini juga diteguhkan dalam pertemuan kelompok-kelompok kategorial dan wadah Pertemuan Mitra Kategorial (Pemikat).

Semangat
Pada masa baktinya sebagai koordinator, F.F.X. Jongky Sutiono mengangkat sebuah semboyan bagi KKMK KAJ, "Melayani dengan hati yang lebih baik". Semangat ini menjadi usaha memurnikan semangat pelayanan dan keaktifan para pengurus serta anggota KKMK.

Menurutnya, pasti ada pihak-pihak yang memiliki motivasi dan kepentingan pribadi dalam berkegiatan serta berkarya di KKMK. Tema ini mengingatkan keluarga besar KKMK untuk melayani secara tulus. Tema ini juga merupakan perwujudan Visi Misi KKMK KAJ yaitu SSP; Spiritualitas, Sosialitas, dan Profesionalitas.

Kegiatan
Beberapa kegiatan yang pernah diselenggarakan, antara lain touring 50 motor ke Gunung Bunder, Jawa Barat, camping akbar, ziarek; Job Fair; Fordis (Forum Diskusi), dan Next Level (wirausaha).

Fordis diadakan pada tingkat KAJ sebagai sarana berkumpul anggota se-KAJ sekaligus menjadi fasilitas bagi anggota yang di parokinya tidak ada KKMK. Akan tetapi, ada kegiatan serupa Fordis di beberapa paroki dengan nama-nama seperti Smart Corner-KKMK Santo Yakobus Kelapa Gading, Fokus Lima KKMK Santo Andreas Kedoya, dan Gets Smart KKMK Maria Bunda Karmel Meruya.

Dalam Fordis, seorang narasumber membagikan motivasi, kisah, dan pelatihan mengenai suatu tema tertentu. Dari kegiatan ini tidak diadakan follow up kepada peserta yang mengikutinya. Akan tetapi, kegiatan ini melahirkan ide-ide spesifik yang kemudian lebih difokuskan pada kegiatan Next Level (menjadi wirausaha).

Dalam Next Level, jumlah peserta lebih kecil karena benar-benar diperuntukkan bagi anggota yang tertarik pada ide yang diangkat (bidang wirausaha). Dalam kegiatan ini, peserta dibimbing secara lebih terarah, konkret, serta dievaluasi perkembangan usahanya.

Selain itu, Seksi Sosial Rohani bersama Moderator KKMK KAJ Pastor Setyo Antoro SCJ membantu pemeliharaan hidup rohani dengan menyebarkan renungan singkat di mail list KKMK. Selain itu, mereka juga punya kebiasaan untuk sharing mengenai 1-2 ayat Kitab Suci dalam setiap pertemuan, di mana pun dan kapan pun dilakukan.

Tantangan
Jongky juga menguraikan beberapa tantangan dalam KKMK, antara lain sulitnya pembagian waktu antara karya di KKMK dengan urusan pribadi serta keluarga, tidak adanya tempat yang tetap dan kondusif bagi KKMK untuk berkumpul, kas yang cukup mapan agar tidak melulu memakai uang pribadi dari tiap pengurus atau anggota KKMK yang sudah bekerja keras.

Sebagai komunitas besar, masalah komunikasi juga sering terjadi di dalam KKMK. Pembentukan humas tiap dekanat diharapkan menjadi fasilitator agar semua kegiatan dapat berjalan bersama dan tidak terjadi rebutan massa. Hal lain yang dilakukan adalah pengadaan kegiatan inklusif yang menggabungkan kegiatan ke dalam satu kegiatan yang dibentuk KKMK paroki.

Fokus 2011
Program kerja tahun 2011 adalah menggiatkan ke-32 KKMK paroki dengan sering menyapa dan berelasi melalui program-program inklusif. Seperti, KKMK KAJ mempromosikan Misa Alam yang diadakan KKMK Kedoya di tingkat KAJ. KKMK sengaja mengurangi kegiatan di tingkat KAJ, karena berfokus pada perkembangan KKMK paroki dan dekanat.

KKMK KAJ tidak berfokus untuk melahirkan KKMK di paroki-paroki yang belum ada. Bagi mereka saat ini, kelahiran KKMK baru di sebuah paroki adalah bonus dari usaha mereka membangkitkan kembali ke-32 KKMK paroki yang sudah ada.

Rosarians Enga Geken,
Laporan: Bernadeth Pipit





Kunjungan: 835
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081318544200 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Info iklan | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com