Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Bisa Sungguh Kudus?: Renungan Jumat, 27 Juli 2012 - Hidup Katolik

Bisa Sungguh Kudus?: Renungan Jumat, 27 Juli 2012

Kamis, 26 Juli 2012 18:58 WIB
Bisa Sungguh Kudus?: Renungan Jumat, 27 Juli 2012
[sangsabda.wordpress.com]

HIDUPKATOLIK.com - Pekan Biasa XVI; Yer 3:14-17; Mzm 31; Mat 13:18-23

”Tuhan akan menjaga kita seperti gembala menjaga kawanan-Nya.” Sudah sekian lama saya menjalani hidup panggilan ini. Pada awal sungguh ada tekad besar untuk mencapai kekudusan dengan bantuan rahmat Tuhan. Kini semakin jelas bahwa saya masih amat sangat jauh dari kekudusan yang selama ini saya idam-idamkan. Dengan tetap sadar akan keberdosaan manusia, sungguhkah kita bisa kudus selama di dunia ini?

Melalui Nabi Yeremia disuarakan bahwa Tuhan akan mengangkat gembala yang sungguh sesuai dengan hati-Nya. Orang akan perlahan-lahan belajar melihat apa yang lebih besar. Mereka tidak lagi akan membatasi kehadiran Tuhan dalam bentuk Tabut Suci, karena dengan itu mereka akan masih mudah bersembunyi dari Tuhan. Dibutuhkan kesadaran baru bahwa Yerusalem sendiri menjadi tahta Tuhan. Artinya, tidak ada ruang yang bisa membatasi Tuhan. Karena itu, tidak ada lagi yang akan hidup dalam kedegilan.

Perumpamaan tentang benih yang ditabur menjadi undangan bagi kita untuk melihat di manakah kita berada dalam jalan menuju kekudusan. Kita perlu bertanya, mengapa benih firman sering tidak bertahan lama. Mengapa? Mungkin kita kurang bisa menunggu dan memberi waktu bagi Tuhan agar bertindak. Mungkin kita ingin selalu memegang kendali penuh atas hidup kita. Mungkin kita merasa lebih mampu daripada Tuhan dan bisa bertindak dengan lebih cepat dan lebih baik. Itulah penghalang jalan kekudusan kita.

Deshi Ramadhani SJ




Kunjungan: 683
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com