Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Membantu Menghayati Sabda Allah - Hidup Katolik

Membantu Menghayati Sabda Allah

Minggu, 22 Agustus 2010 13:56 WIB
Membantu Menghayati Sabda Allah
[HIDUP/A. Sudarmanto]
Agustinus Surianto Himawan Pr

HIDUPKATOLIK.com - ”Laris manisnya buku re­nung­­an harian seperti buku Ziarah Batin terbitan OBOR, menandakan umat rindu akan bimbingan Sabda Tuhan bagi hidup hariannya,” ungkap Pastor Agustinus Surianto Himawan Pr (50), Direktur Penerbit dan Toko Rohani OBOR. Menurutnya, di tengah-tengah kesibukan tugasnya, umat membutuhkan buku-buku rohani untuk mendampingi hidupnya.

Pastor Agus yang dilahirkan di Jakarta, 15 Agustus 1960 ini pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Parahyangan (FE-Unpar), Fakultas Filsafat (FF) Unpar, dan Seminari Tinggi Petrus Paulus Bandung. Dia menerima tahbisan imam di Depok, Jawa Barat, 4 Februari 1990. Sebelum mengelola OBOR, Pastor Agus pernah men­­jadi Direktur Percetakan PT Grafika Mardi Yuana Bogor (1994–2005).

Renungan Harian, menurut Pastor Agus, bukanlah obat, bukan pula candu. ”Renungan harian adalah sebuah proses harian untuk semakin mendekatkan orang pada Sabda Allah. Tujuannya ingin mengantar orang semakin dekat dengan Allah melalui Sabda-Nya. Mengajak orang untuk memahami arti hidupnya (hari itu) dalam terang Sabda Allah dan menguatkannya untuk turut ambil bagian dalam karya keselamatan Allah,” demikian Pastor Agus.

Makanan rohani
Setiap hari kita menyuplai makanan dan minuman jasmani untuk tubuh kita agar sehat. Namun, bagaimana dengan tubuh rohani kita agar bisa juga bertumbuh sempurna? Sehingga bisa mengantar kita mencapai ke­sempurnaan sebagai manusia yang utuh baik jasmani maupun rohani. Menurut Pastor Agus, re­nungan harian diharapkan dapat memenuhi sebagian dari kebutuhan rohani itu.

”Agar jiwa raga kita dipenuhi oleh Sabda Allah setiap hari. Supaya tindak tanduk keseharian kita selalu diwarnai oleh kehendak Allah,” tegasnya. Sekurang-kurangnya buku Ziarah Batin dapat mendekatkan orang pada Sabda Allah setiap hari dengan cara yang mudah.

Renungan Harian yang baik, menurut Pastor Agus, dapat mengajak pembaca sedikit demi sedikit, setiap hari me­re­nungkan Sabda Allah, lalu sedikit demi sedikit juga mengimplementasikannya dalam hidup se­hari-hari. Dengan re­nungan harian, diharapkan se­luruh Alkitab dapat dibaca, direnungkan, dan diimplementasikan setahap demi setahap, perlahan-lahan, dan bukan sekali baca tamat.

Supaya mudah dicerna oleh semua kalangan, bahasa yang digunakan dalam renungan harian hendaknya bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga dapat menuntun semua orang untuk menemukan pesan Allah bagi hidupnya setiap hari. Maka, yang pertama-tama harus dibaca adalah Alkitab itu sendiri. Pembaca diajak membuka Alkitab masing-masing dan membacanya. ”Setelah itu, berusahalah mencari pesan Allah bagi hidupnya hari ini dengan panduan renungan harian agar Sabda Allah yang dibaca dan
dire­nungkan itu sungguh-sungguh dapat me­rasuki hidup. Jadi, renungan harian tidak menggantikan peran Alkitab,” tegas Pastor Agus.

A. Sudarmanto




Kunjungan: 833
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com