Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


BINTARO, JAKARTA: Kaum Muda dan Ekaristi - Hidup Katolik

BINTARO, JAKARTA: Kaum Muda dan Ekaristi

Jumat, 21 September 2012 14:47 WIB
BINTARO, JAKARTA: Kaum Muda dan Ekaristi
[HIDUP/Stefanus P. Elu.]
Sarasehan Ekaristi: Pastor Constantinus Eko Wahyu Joko Santosa OSC sedang menjelaskan pentingnya Perayaan Ekaristi di hadapan OMK St Matius Bintaro.

HIDUPKATOLIK.com - Tidak ada Ekaristi gaya khusus untuk orang muda, demikian Pastor Constantinus Eko Wahyu Joko Santosa OSC, yang ada hanyalah kesediaan orang muda memahami dan menyelami Yesus yang hadir dalam Ekaristi.

Romo Eko mengatakan hal itu, saat menjadi pembicara dalam saresehan Ekaristi bagi Orang Muda Katolik (OMK), di aula Leo Soekoto, Paroki St Matius Penginjil Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Minggu, 5/8. Acara ini diselenggarakan Panitia Tahun Ekaristi bekerja sama dengan Sie Liturgi Paroki St Matius. Acara bertajuk: “OMK … Masih Perlukah Ekaristi?”

Ekaristi kaum muda, lanjut Romo Eko, tidak identik dengan musik yang keras dan megah seperti konser. “Coba kalian dengar lagu-lagu Gregorian. Yang diutamakan adalah katakata dengan lafalan yang jelas, bukan musiknya,” tegas Romo Eko, kemudian menyanyikan lagu Kyrie Eleison. Gaya penyampaian bahan yang diselipi humor oleh Romo Eko, membuat lebih dari 200 orang muda yang hadir betah hingga acara usai.

Sebelumnya, Kelompok Pertemuan Mitra Kategorial Keuskupan Agung Jakarta (PEMIKAT KAJ)mengadakan Camping Rohani bertema “Dipersatukan Ekaristi, Diutus untuk Berbagi”, di Sawangan Golf Resort, Depok, Jawa Barat, Jumat-Minggu, 27-29/7. Acara ini diadakan sebagai jawaban keprihatinan kurangnya pendampingan rohani remaja Katolik yang bersekolah di SMP non-Katolik. Acara ini diikuti 158 remaja dari SMP Negeri dan SMP Swasta non-Katolik, juga dari paroki-paroki. Selama berkemah, mereka didampingi dan dibimbing guru masing-masing. Turut hadir, Sekretaris Eksekutif Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia Pastor Yohanes Dwi Harsanto.

Setelah acara ini, ketua panitia Sonny Setioso mengharapkan, peserta dapat meningkatkan keterlibatan untuk mengikuti kegiatan di paroki mereka masing-masing, dan dapat membagikan pengalaman serta rahmat yang diterima dalam kehidupan sehari-hari. Para siswa SMP ini diperkenalkan dengan kelompok kategorial di KAJ, seperti GeRakan Orang Peduli Sampah (GROPESH), PEMIKAT KAJ, Pendamping Retret dan Rekoleksi Katolik (PEREKAT), Komunitas Kasih Tuhan (KKT), Komunitas Tritunggal Mahakudus (KTM), Hati Kudus Yesus (HKY) dan Legio Maria.

Sementara OMK Paroki Maria Bunda Karmel (MBK) Tomang, Jakarta Barat, mengadakan Life Teen, Sabtu, 11/8. Life Teen merupakan acara yang diadaptasi dari Amerika Serikat. Acara diawali dengan Perayaan Ekaristi, dipimpin Pastor Kepala Paroki MBK Heribertus Supriyadi OCarm. Life Teen, demikian Romo Heri, diharapkan bisa menjadi program untuk pembekalan bagi orang muda. Pastor Andang L. Binawan
SJ berpendapat, Life Teen adalah salah satu cara yang menarik dan akrab dengan orang muda. Acara dihadiri para siswa dari Sekolah di sekitar MBK: SMA Tarsisius-2, SMA Abdi Siswa, SMA Sang Timur dan SMA Regina Pacis.

Stefanus P. Elu/Adrian Hartanto




Kunjungan: 859
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081318544200 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Info iklan | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com