Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


CIMAHI, JABAR: KWI Membahas Katekese Digital - Hidup Katolik

CIMAHI, JABAR: KWI Membahas Katekese Digital

Selasa, 25 September 2012 12:33 WIB
CIMAHI, JABAR: KWI Membahas Katekese Digital
[Blasius Naya Manuk]
Mewartakan nilai: Pertemuan Kateketik antar Keuskupan se-Indonesia ke-10 (PKKI X) di Wisma Shalom, Cisarua, Cimahi.

HIDUPKATOLIK.com - Komisi Kateketik Konferensi Waligereja Indonesia (Komkat KWI) mengadakan Pertemuan Kateketik antar Keuskupan se-Indonesia ke-10 (PKKI X) di Wisma Shalom, Cisarua, Cimahi, Jawa Barat, Senin-Minggu, 10/9-16/9.

Acara bertajuk ”Katekese di Era Digital” ini dihadiri 100 peserta yang terdiri dari utusan komisi kateketik keuskupan seluruh Indonesia dan lembaga pendidikan kateketik. Turut hadir Ketua Komkat KWI Mgr John Liku Ada’ dan Sekretaris Komkat KWI Pastor F.X. Adisusanto SJ. Acara diawali dengan perayaan Ekaristi dipimpin Mgr John Liku Ada’. Untuk mendalami teknologi digital dalam tugas perutusan Gereja, panitia PKKI menghadirkan narasumber antara lain Idi Subandy Ibrahim dan Pastor Y.I. Iswarahadi SJ.

Beberapa hal yang didiskusikan antara lain, pertama, Gereja perlu menerima secara bijaksana fenomena perkembangan teknologi digital karena ini adalah anugerah Tuhan. Kedua, Gereja perlu berdialog dengan masyarakat digital untuk menerima, memanfaatkan, dan menjadikan teknologi digital sebagai medan perjumpaan dengan Tuhan, sehingga manusia dapat menemukan keselamatan dalam Kristus.

Ketiga, Gereja perlu mengintegrasikan pesan Injil dalam budaya digital. Keempat, tetap mewartakan nilai perjumpaan. Pewartaan kebenaran dan nilai-nilai kemanusiaan harus mampu membawa orang sampai pada pertobatan dan perjumpaan dengan Tuhan.

Oleh karena itu, sebagai usaha perwujudannya Gereja akan masuk dan terlibat membangun jaringan komunikasi termasuk melalui website, membuat penyadaran mengenai budaya digital dan tata relasi baru dalam era digital, menggunakan teknologi digital untuk pewartaan.


Blasius Naya Manuk




Kunjungan: 839
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081318544200 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Info iklan | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com