Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Rupa-rupa Karunia, Satu Roh - Hidup Katolik
Home » Tajuk

Rupa-rupa Karunia, Satu Roh

Rabu, 3 Oktober 2012 10:06 WIB
Rupa-rupa Karunia, Satu Roh
[Ilustrasi HIDUP]

HIDUPKATOLIK.com - Dalam kehidupan menggereja, kita mengenal berbagai komunitas yang menghidupi karisma Gereja dengan ciri khas masing-masing. Ada yang menghayati cara hidup kontemplatif secara total, ada yang menempatkan kerasulan sebagai fokus penghayatan iman, dan masih banyak lagi. Secara kelembagaan, ada yang terstruktur, ada juga yang bersifat gerakan. Variasi anggota pun mulai dengan cakupan teritori atau kategori, yang paling kecil hingga mondial. Kita mengenal Lembaga Hidup Bakti yang menghidupi karisma Gereja selama berabad-abad; tetapi kita jumpai juga komunitas doa antarsahabat yang sangat sederhana.Komunitas itu menjadi komunitas karismatis karena menghayati karisma Gereja dalam kehidupan.

Komunitas Gerejani itu mencerminkan betapa kaya khazanah rohani Gereja. Eksistensi mereka merupakan tanggapan manusia akan panggilan Allah yang selalu bergema dalam sejarah. Komunitas ini muncul sebagai manifestasi dan aktualisasi misteri cinta kasih Allah pada manusia. Mereka lahir dari cinta kasih Allah, hidup berkat kekuasaan-Nya, dan senantiasa didukung oleh rahmat-Nya. Inilah karya Roh Kudus dalam Gereja yang menghidupkan Tubuh Mistik dan menjadikan Gereja sebagai persekutuan persaudaraan. Karunia-Nya menjadi jawaban atas kebutuhan-kebutuhan Gereja dalam proses pengudusan diri dan hidup di tengah dunia.

Karunia-karunia Roh Kudus termanifestasi dalam berbagai karisma yang dihidupi oleh komunitas-komunitas yang bersekutu mencari dan melaksanakan kehendak Allah. Karena itu, komunitas karismatis mampu berproses untuk memperbarui diri, dan mengikuti perkembangan zaman. Dengan rupa-rupa karunia itu, mereka didorong untuk bisa berkembang dalam iman, berani mewartakan Kabar Baik di antara mereka sendiri, dan menjadi saksi Kristus di tengah dunia. Dalam perutusan itu, mereka dituntun oleh Roh Kudus untuk setia pada Kristus dan berziarah bersama menuju Bapa.

Meskipun Roh Kudus senantiasa menganugerahkan rupa-rupa karunia dalam komunitas itu, tidak jarang terjadi friksi dalam komunitas, pun antarkomunitas. Patut diakui bahwa komunitas kerap kali terpecah-belah karena kilaf akan rupa-rupa karunia yang telah mereka terima. Mereka melupakan karisma-karisma yang menjadi fondasi komunitas. Seringkali antarkomunitas berseteru, bahkan saling menjatuhkan, menebar benih stigma. Ada komunitas yang distigmatisasi sebagai komunitas eksklusif, radikal, konservatif, ekstrem-liberal, dan bahkan “menyimpang” dari pakem ajaran resmi.

Ketidakharmonisan terjadi, antara lain karena cara berdoa yang berbeda. Lebih memprihatinkan, mereka berebut pengaruh untuk mendiskreditkan yang lain. Permusuhan pun terjadi dalam satu kawanan umat Allah. Inilah permasalahan yang harus direfleksikan. Racun harus dimusnahkan dari hati, supaya manusia mampu mendengarkan suara Roh Allah yang menuntunnya berproses menjadi ciptaan baru.

Kesadaran iman akan satu kawanan dan satu gembala harus terus dicecap. Kita hendaknya ingat akan nasihat St Paulus tentang “rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh” dan “banyak anggota, tetapi satu tubuh” (1Kor 12). Roh Kudus yang diibaratkan sebagai fungsi jiwa dalam prinsip kehidupan tubuh manusia, pasti mengaruniakan pengertian mendalam akan misteri ini, sebagaimana ungkapan St Agustinus, “Sejauh orang mencintai Gereja Kristus, sejauh itu pulalah Roh Kudus diam di dalam hatinya.”

Redaksi




Kunjungan: 1695
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com