Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


PERANCIS: Gua Maria Lourdes Perancis Terendam Banjir - Hidup Katolik

PERANCIS: Gua Maria Lourdes Perancis Terendam Banjir

Senin, 22 Oktober 2012 17:15 WIB
PERANCIS: Gua Maria Lourdes Perancis Terendam Banjir
[sacredspace102.blogspot.com]
Suasana banjir yang melanda Gua Maria Lourdes Perancis

HIDUPKATOLIK.com - Sungai Gave de Pau yang melintasi kota Lourdes, airnya meluap membanjiri beberapa wilayah Lourdes termasuk Gua Maria Lourdes yang terletak di samping sungai tersebut. Tempat ziarah ini tergenang air bercampur lumpur. Bagian altar di bawah gua di mana Bernadette Soubirous mendapat penampakan Bunda Maria tergenang air hampir setinggi meja altar. Demikian mirror.co.uk, Senin, 22/10.

Biarpun banjir merendam sekitar gua, namun Basilika Bunda Maria Lourdes tidak mengalami kerusakan apapun karena berada di tanah yang lebih tinggi. Meluapnya Sungai Gave de Pau disebabkan curah hujan yang tinggi melanda pegunungan Pyrenees sejak Kamis, 18/10 yang lalu, demikian diberitakan oleh franceinfo.fr, Sabtu, 20/10.

Sekitar ratusan peziarah yang tinggal di hotel-hotel sekitar Lourdes telah dievakuasi pada Sabtu, 20/10. Semua hotel di sepanjang sungai Gave de Pau secara bertahap telah dikosongkan. Palang merah dan petugas daerah setempat telah mengevakuasi para peziarah ke gedung-gedung pertemuan dan gedung olahraga. Akibat dari banjir ini beberapa ruas jalan di kota Lourdes ditutup karena masih terendam banjir dan berisiko tanah longsor. Hujan lebat diperkirakan akan terus melanda wilayah ini hingga memasuki pekan ini.

Lourdes adalah sebuah kota di kaki Pegunungan Pyrenees, di bagian selatan Perancis. Saat ini, Lourdes menjadi kota yang cukup sibuk dengan kehadiran kurang lebih enam juta pengunjung setiap tahun. Lourdes menjadi terkenal berkat peristiwa 154 tahun yang lalu. Tepatnya pada 11 Februari 1858, Bunda Maria dipercaya menampakkan diri kepada Bernadette Soubirous, seorang anak berusia 14 tahun di sebuah gua di Massabielle, dekat Lourdes. Bunda Maria menampakkan diri sebanyak 18 kali kepada Bernadette.

Pada 25 Maret 1858, Bunda Maria mengatakan kepada Bernadette “Que soy era Immaculada concepciou” (Akulah yang terkandung tak bernoda). Kata-kata ini tertulis di bawah patung Maria yang sekarang ada di dalam gua di Lourdes. Patung Maria di Lourdes dibuat dari marmer putih pada 1864 oleh seorang pematung bernama Fabisch.

A. Nendro Saputro




Kunjungan: 3100
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com