Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Misa Satu Suro - Hidup Katolik

Misa Satu Suro

Minggu, 31 Januari 2010 17:38 WIB
Misa Satu Suro
[Aloys Budi Purnomo Pr]
Menyambut 1 Suro: Umat Katolik di Paroki Hati Kudus Yesus Tanah Mas, Semarang menyambut 1 Suro dengan saresehan dan Misa

HIDUPKATOLIK.com - Ada yang berbeda di Gereja Hati Kudus Yesus Tanah Mas, Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Saat itu, Kamis Wage malam Jumat Kliwon. Mereka sedang melakukan kegiatan menyambut Tahun Baru Jawa, 1 Suro yang jatuh pada Kamis, 18/12.

Rangkaian acara dimulai dengan senandung selawatan Katolik dan doa yang dibawakan oleh Paguyuban Selawatan Katolik Lingkungan St Ignatius, Stasi Sampangan, Paroki Katedral Semarang. Kemudian, dilanjutkan dengan sarasehan sikap orang Katolik terhadap tradisi Suran dan memuncak pada Perayaan Ekaristi dan Adorasi.

Sarasehan bertema “Ngalap Berkahing Tyas Dalem Sang Kristus” (Menimba Berkat dari Hati Kudus Yesus) disampaikan Pastor Aloys Budi Purnomo Pr, Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang, sekaligus Pastor Kepala Paroki Hati Kudus Yesus Tanah Mas.

Inti sarasehan adalah orang Katolik tidak perlu lagi kungkum atau rebutan air jamasan pusaka. Bagi orang Katolik, menyambut malam 1 Sura dengan merayakan Ekaristi dan menimba berkat dari Yesus dalam Adorasi sudah cukup.

Itulah sebabnya, setelah sarasehan seluruh umat yang hadir langsung ikut dalam Misa inkulturasi dan Adorasi Ekaristi. Inkulturasi diungkapkan melalui Perayaan Ekaristi dalam bahasa Jawa dengan iringan gamelan.

Widodo Bendoljoyo menjadi pelatih dan perancang karawitan sekaligus ‘sutradara’ Misa inkulturasi ini. Umat terkesima dan tersentuh saat Romo Budi melantunkan bacaan Injil dalam bentuk tembang macapat “Pocung”.

Upaya inkulturasi lain tampak dalam diri para petugas yang seluruhnya menggunakan busana Jawa lengkap dengan blangkon untuk kaum pria dan kain kebaya untuk kaum perempuan. Bahkan, sebagian besar umat Tanah Mas yang beretnis Tionghoa pun menggunakan busana Jawa. Kirab berkat Sakramen Mahakudus diiringi dengan gending Monggang, tampak anggun dan syahdu.

Aloys




Kunjungan: 890
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081318544200 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Info iklan | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com