Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Tidak Berubah: Renungan Sabtu, 27 Oktober 2012 - Hidup Katolik

Tidak Berubah: Renungan Sabtu, 27 Oktober 2012

Kamis, 25 Oktober 2012 18:33 WIB
Tidak Berubah: Renungan Sabtu, 27 Oktober 2012
[titdilapa.blogspot.com]

HIDUPKATOLIK.com - Pekan Biasa XXIX; Ef 4:7-16; Mzm 122; Luk 13:1-9

Penginjil Lukas dengan jelas menampilkan Allah sebagai Bapa yang berbelas kasih. Dia itu seperti gembala yang meninggalkan segalanya demi mencari seekor dombanya yang hilang (15:1-7). Dia juga seperti seorang ayah yang merindukan anaknya yang hilang (15:11-32). Ketika anak itu kembali, ia menyambutnya dengan hangat. Segala kesalahannya dilupakan.

Allah begitu baik kepada manusia. Namun, kebaikan itu sering disalahartikan sebagai pembiaran, juga sebagai kesempatan bagi manusia untuk makin banyak berbuat dosa. Untuk apa bertobat, bukankah Allah sendiri yang akan mencari orang berdosa? Bukankah Allah itu baik, sehingga sebanyak apa pun dosa manusia akan diampuni oleh-Nya? Perumpamaan tentang pohon ara menjadi jawabannya.

Pohon ara itu telah dirawat dengan baik, namun sayang tak kunjung menghasilkan buah. Tuan tanah sangat kecewa melihatnya. Ia pun memerintahkan tukang kebun untuk menebangnya daripada tumbuh sia-sia. Beruntung si tukang kebun berhasil meyakinkan majikannya untuk memberi kesempatan bagi pohon itu satu tahun lagi. Itulah peringatan bagi kita yang lamban dan suka menunda-nunda pertobatan. Allah memang Bapa yang berbelas kasih, tapi Ia pun bersikap tegas. Jadi segeralah berbalik dari dosa-dosa kita sebelum terlambat.

Johannes Jarot Hadianto




Kunjungan: 1658
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com