Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


THAMRIN, JAKARTA PUSAT: Film Soegija Hadir dalam Format DVD/VCD - Hidup Katolik

THAMRIN, JAKARTA PUSAT: Film Soegija Hadir dalam Format DVD/VCD

Selasa, 30 Oktober 2012 17:08 WIB
THAMRIN, JAKARTA PUSAT: Film Soegija Hadir dalam Format DVD/VCD
HIDUP/Prayogi Dwi Sulistyo
Launching: (ki-ka) Gregorius Djaduk Ferianto, Garin Nugroho, Pastor Benny Susetyo, Nirwan Dewanto, pada saat launching DVD/VCD film Soegija

HIDUPKATOLIK.com - PUSKAT Pictures menggelar launching DVD/VCD film Soegija di Lounge Plaza Indonesia XXI Plaza Indonesia Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 18/10.

Tiga pembicara hadir dalam acara ini, yakni sang sutradara Garin Nugroho, pemeran utama Nirwan Dewanto, dan produser film Gregorius Djaduk Ferianto. Sedangkan Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan antar Agama dan Kepercayaan (HAK) Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Pastor Benny Susetyo Pr menjadi moderator acara ini.

Film Soegija mengisahkan sepenggal kehidupan Uskup Agung Semarang pertama Mgr Albertus Soegijapranata SJ (1896-1963) dengan latar belakang perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Film ini menjadi sebuah persembahan bagi bangsa Indonesia. Figur seorang Pahlawan Nasional yang cinta pada tradisi ditampilkan. Sebagai seorang pemimpin, ia menunjukkan keberpihakannya pada kaum lemah, dan kuat dalam pembentukan afeksi kecintaan pada Bangsa dan Negara Indonesia.

Pastor Benny menjelaskan, Soegija mengingatkan akan arti perjuangan, yang tidak identik dengan kekerasan. “Ia memberi teladan untuk mampu melampaui diri dan agamanya. Keutamaan kehidupan berbangsa adalah belajar dan bekerja, membina kerjasama dan memupuk kebangsaan kita dengan terbuka”, demikian Pastor Benny.

Sebagai sutradara, Garin menilai bahwa film ini bukan semata-mata berfokus pada kelompok tertentu, tetapi justru merayakan makna kebhinekaan bagi keindonesiaan. Menurut pendapatnya, kisah ini merupakan tawaran humanisme yang ditimba dari oase perjalanan dan perjuangan hidup Soegija. “Di tengah situasi bangsa yang sedang dirobek oleh kepentingan kelompok tertentu, film ini menawarkan rajutan nilai ketokohan untuk membangun jati diri bangsa, yang mencintai dan menghidupi kebhinekaan,” jelas Garin.

Sebelumnya, film Soegija telah sukses menarik lebih dari 400.000 penonton melalui jaringan bioskop di kota-kota besar, dan lebih dari 50.000 penonton melalui pemutaran keliling. Kali ini, “Soegija” hadir melalui format DVD/VCD. Melalui media ini, kisah Soegija dapat menjangkau setiap rumah. Harapannya, “Soegija” bisa dinikmati lebih banyak orang, termasuk penonton asing, karena tersedia juga dalam versi bahasa Inggris. Selain film Soegija, dalam DVD juga terdapat cerita di balik proses pembuatannya (behind the scene).

“Pembuatan DVD/VCD ini bertujuan supaya relevansi pemikiran dan keutamaan Mgr Soegija tersebar lebih luas,” tutur Djaduk. Djaduk berharap, film ini akan mendapatkan respon dari banyak orang, melalui facebook, blog, maupun catatan lainnya.

Saat ini, film yang berpredikat lima besar menurut rating jumlah penonton ini, juga tengah diikutsertakan dalam beberapa festival film internasional. Garin bersemangat untuk membawanya, karena ia ingin mengangkat keberagaman lewat berbagai media. Hal senada juga dikatakan oleh Nirwan Dewanto, yang menilai bahwa film Soegija bukanlah film propaganda agama, melainkan propaganda kebangsaan. “Romo Soegija telah membawa pesan-pesan kebangsaan melalui tindakan nyatanya dan bukan dengan banyak dialog,” tegas Nirwan.

Prayogi Dwi Sulistyo





Kunjungan: 655
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081318544200 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Info iklan | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com