Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


SANUR, BALI: Ilmu Kedokteran dalam Moral Katolik - Hidup Katolik

SANUR, BALI: Ilmu Kedokteran dalam Moral Katolik

Rabu, 7 November 2012 14:31 WIB
SANUR, BALI: Ilmu Kedokteran dalam Moral Katolik
[Dok. Panitia]
Menghadirkan Tuhan: Apostolik Nunsio Mgr Antonio Guido Filipazzi, memimpin Ekaristi, mengawali Kongres AFCMA, di Sanur Bali, Kamis, 18/10.

HIDUPKATOLIK.com - Ilmu Kedokteran berkembang pesat, hingga menguak batas-batas “keilahian”, misalnya saja cloning dan bayi tabung.

Para dokter Katolik melihat kembali batas-batas etika dan moral Katolik dengan logika kedokteran itu, dalam Kongres Asian Federation of Catholic Medical Associations (AFCMA). Kongres ke-15, berlangsung di Hotel Paradise Sanur Bali, Kamis-Minggu, 18-21/10, diikuti oleh 400 peserta. Kongres ini pertama kali digelar di Indonesia, mengambil tema “Tantangan Dokter-Dokter Katolik Terhadap Perubahan Jaman”.

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi menegaskan kembali ajaran Gereja, saat homili pada misa pembukaan. Ia mengatakan, para medis Katolik dipanggil untuk menjunjung tinggi martabat manusia dengan menghadirkan Tuhan dalam seluruh karyanya.

Sementara, melalui layar LCD, Menteri Kesehatan Dr Naf­­­siah Mboi, SpA, MPH, mendukung sepenuhnya kongres ini, dengan merujuk kembali pada apa yang telah diupayakan oleh Gereja Katolik untuk bangsa Indonesia sejak 1945. Gereja, demikian Nafsiah, telah mengambil peran penting dalam solidaritas serta spiritualitas kemanusiaan melalui disiplin ilmu kedokteran, dengan hadir melalui rumah sakit Katolik dan sekolah-sekolah kedokteran.

Pada kesempatan ini juga diadakan pemilihan pengurus AFCMA. Terpilih sebagai ketua adalah DR Dr Ignatius Harjadi Widjaja PA. Terpilih sebagai sekretaris adalah Dr Angela N. Abidin, MARS, SpMK. Keduanya dari Indonesia.

Selain Nunsio Mgr Filipazzi, hadir dalam dalam kongres adalah Sekretaris Dewan Kepausan untuk Pastoral Pekerja Medis Jean-Marie Mate Musivi Mupendawatu, Mgr Charles Namugera dari dewan kepausan yang sama, wakil presiden FIAMC Dr John Lee, Ketua KWI Mgr Martinus D. Situmorang OFMCap, Delgatus KWI untuk Karya Kesehatan Mgr Florentinus Sului MSF, Uskup Denpasar Mgr Silvester San, Uskup Agung Palembang Mgr Aloysius Soedarso SCJ, Moderator AFCMA Pastor Hygino Henriques CSsR, dan Dr Ketut Suarjaya mewakili Gubernur Bali.


Frans Wisnu Murti




Kunjungan: 615
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081318544200 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Info iklan | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com