Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


SENEN, JAKARTA PUSAT: Diskusi FORKOMA PMKRI Jelang Hari Pahlawan - Hidup Katolik

SENEN, JAKARTA PUSAT: Diskusi FORKOMA PMKRI Jelang Hari Pahlawan

Kamis, 8 November 2012 17:43 WIB
SENEN, JAKARTA PUSAT: Diskusi FORKOMA PMKRI Jelang Hari Pahlawan
HIDUP/Prayogi Dwi Sulistyo
(Ki-ka) Amsal A. Dulman, Sebastian Heri Soba, Maria Ida Hasugian, dan Peter Kasenda saat diskusi yang diadakan oleh BPN FORKOMA-PMKRI, Sabtu, 3/11

HIDUPKATOLIK.com - Badan Pekerja Nasional Forum Komunikasi Alumni - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (BPN FORKOMA-PMKRI) mengadakan diskusi dengan topik “Memaknai Ulang Kepahlawanan Dalam Dimensi Kekinian”, di Jalan Senen Raya No.18 Jakarta Pusat, Sabtu, 3/11. Acara ini menandai refleksi bersama alumni komunitas pergerakan mahasiswa menjelang Hari Pahlawan pada 10 November.

Acara yang dimoderatori oleh Wakil Sekjen BPN FORKOMA dan Redaktur Harian Suara Pembaruan Sebastian Heri Soba ini menghadirkan tiga narasumber, yakni mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Dosen Universitas Indonesia Peter Kasenda, alumnus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan pengamat masalah sosial Amsar A. Dulmanan, serta anggota FORKOMA PMKRI dan Redaktur Majalah Tempo Maria Ida Hasugian.

Peter Kasenda menilai, semangat kepahlawanan dapat lebih diaktualisasikan dalam komunitas yang disesuaikan dengan realitas. Oleh karena itu, seorang pahlawan harus mampu melakukan perbuatan-perbuatan kecil, yang bisa mempengaruhi masyarakat di sekitarnya.

Sedangkan Maria Hasugian memandang bahwa kepahlawanan hanya menjadi jargon yang selalu diulang, tetapi gagal memberikan pengaruh. Di sinilah akar persoalannya. Ia berargumen, sebaiknya sebutan “pahlawan” ditujukan bagi seseorang yang mempunyai ide dan mampu menjalankannya.

Lain halnya dengan Amsal A. Dulman. Ia berpendapat bahwa perlu ada kesepakatan bersama dalam level konseptual tentang kepahlawanan. Kesepakatan itu hendaknya juga sampai pada tolak ukur yang secara normatif dikenakan pada seseorang, sehingga layak disebut sebagai pahlawan.

Selain dari anggota FORKOMA PMKRI, kegiatan diskusi yang diadakan menjelang hari pahlawan ini juga dihadiri oleh perwakilan anggota organisasi kemahasiswaan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Alumni Kelompok Cipayung.

Prayogi Dwi Sulistyo





Kunjungan: 695
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com