Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Kesaksian: Renungan Jumat, 11 Januari 2013 - Hidup Katolik

Kesaksian: Renungan Jumat, 11 Januari 2013

Kamis, 10 Januari 2013 15:22 WIB
Kesaksian: Renungan Jumat, 11 Januari 2013
jesuschrist.lds.org

HIDUPKATOLIK.com - Hari Biasa Sesudah Penampakan Tuhan; 1Yoh 5:5-13; Mzm 147; Luk 5:12-16

Memberikan kesaksian tentang iman adalah tugas atau panggilan setiap orang Kristiani. Tetapi, banyak orang takut atau merasa tidak mampu memberikan kesaksian iman. Barangkali ini disebabkan oleh pengertian “kesaksian” yang dipersempit hanya sebagai bicara tentang iman atau mengajarkan iman secara lisan. Dalam berbagai pengalaman, gaya kesaksian dalam pengertian ini berakhir sebagai pengajaran teoretis belaka.

Kedua bacaan hari ini menyampaikan makna “kesaksian” yang sesungguhnya. Pertama, kesaksian bersumber dari iman yang kita miliki. Kita dapat bersaksi hanya tentang hal yang kita imani, tentang pengalaman iman yang kita punya. Si orang kusta menjadi contoh kita dalam hal ini. Kedua, kesaksian terjadi di dalam dan melalui keterlibatan dan relasi. Tentang hal ini, kita belajar dari Allah yang bersaksi tentang Anak-Nya, Yesus Kristus. Allah hadir dan terlibat di dalam kehidupan Yesus Kristus, sehingga muncul pengakuan dari orang-orang beriman bahwa Dia adalah Anak Allah. Dan, Anak memberikan kesaksian tentang Allah, yang menganugerahkan kehidupan melalui keterlibatan di dalam kehidupan manusia secara konkret.

Bukankah kita memiliki iman? Bukankah oleh iman itu kita mengakui dan berelasi dengan Allah dan Anak-Nya? Bukankah Roh ada di dalam diri kita dan melibatkan kita di dalam tarian kehidupan Allah? Mengapa kita masih ragu memberikan kesaksian?

Yap Fu Lan




Kunjungan: 1118
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081318544200 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Info iklan | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com