Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Merefleksikan Hidup - Hidup Katolik

Merefleksikan Hidup

Minggu, 11 Oktober 2009 11:58 WIB
Merefleksikan Hidup

HIDUPKATOLIK.com - Penerbit Buku Rohani OBOR menerbitkan Oase Rohani. Buku ini merupakan Ziarah Batin Orang Muda, berisi renungan dan catatan harian.

”Ide penerbitan buku ini merupakan bagian dari karya besar Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) yang hendak merangkul orang muda Katolik (OMK) agar terbiasa membaca dan merenungkan Kitab Suci dalam konteks pengalaman hidup orang muda,” jelas Pemimpin Redaksi Penerbit OBOR, Yon Lesek.

Saat ditemui di Kantor Redaksi OBOR, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Selasa, 29/9, Yon menambahkan, Oase Rohani ini juga bertujuan mengajak OMK untuk menulis pengalaman hidupnya dari sudut pandang Kitab Suci.

Oase Rohani
ini berbeda dengan buku Ziarah Batin yang sudah lama terbit secara rutin. Liturginya sama dengan Ziarah Batin. Namun, teks Kitab Suci yang ditulis hanya ayat-ayat tertentu yang menarik untuk direnungkan, yang diambil dari bacaan harian.

Empat T
Metode renungan yang dipakai adalah Empat T, yakni melihat (to look), mendengar (to listen), menuliskan atau mencatat (to note), dan berdoa (to pray).

To look berarti melihat keadaan hari ini menurut sudut pandang orang muda dan diangkat menjadi kisah, baik kisah nyata atau kisah refleksi atau dari cerita anonim. Tekanannya adalah melihat kenyataan hari ini. To listen artinya mendengarkan Firman Allah. Kisah yang diangkat diperdalam dengan terang Alkitab untuk menangkap maksud Alkitab atau Yesus. Dalam hal ini, dicari benang merahnya untuk mendapatkan kehendak terkait kisah itu. To note berarti orang muda mencari aplikasi macam apa yang mau dihayati ke depan. Setelah itu, ditutup dengan to pray, yakni doa singkat gaya orang muda.

Ilustrasi yang digunakan pun banyak. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia pola bertutur (story telling) dengan gaya orang muda. Gaya ini dipakai karena OMK cenderung tidak mau digurui. Pola bertutur jauh dari kesan menggurui. ”Buku ini lebih gaul,” kata Yon.

Yon mengakui, langkah merangkul OMK melalui Oase Rohani merupakan langkah yang pertama kali dilakukan OBOR. Sebelumnya, dilakukan penelitian kecil atas buku-buku renungan rohani dan majalah-majalah rohani yang dikhususkan bagi orang muda.

“Kami berharap orang muda Katolik tertarik membaca Oase Rohani dan melakukan langkah-langkah sesuai yang tertuang di dalamnya. Harapan ini berpijak pada pengalaman Ziarah Batin yang sudah diterbitkan dan diterima baik di kalangan umat Katolik, terutama para orang tua,” ujarnya.

Para penulis Oase Rohani adalah beberapa pastor, satu suster, dan OMK dari Gereja Mahahasiswa (GEMA) Bandung. Mereka adalah F.X. Didik Bagiyowinadi Pr, Benny Phang OCarm, Yohanes Dwi Harsanto Pr, dan Sr M. Skolastika PKarm.

Spiritual quotient
Sebagai bagian dari misi besar KWI, Yon mengungkapkan, Oase Rohani merupakan upaya sosialisasi Firman Allah denganmengajak OMK membaca Firman Allah. Selanjutnya, merenungkan pengalaman hidupnya dalam terang Firman Allah. “Dengan demikian, orang muda berjalan bersama Firman Allah dari hari ke hari dengan cara membaca dan berani menafsirkan Firman Allah. Hal ini juga merupakan ajakakan agar orang mududa tergerak mengikuti kursus-kursus pendalaman Kitab Suci,” jelasnya.

Harus diakui, banyak orang Katolik termasuk orang muda kurang memiliki pengetahuan tentang Kitab Suci. Padahal, “Pengetahuan tentang sejarah teks-teks Kitab Suci sangat membantu orang Katolik dalam membaca dan merenungkan Kitab Suci,” ucap Yon.

Dengan demikian, OMK akan memiliki spiritual quotient yang lebih tinggi sehingga hidupnya menjadi lebih mendalam. “Di tengahbudaya massal yang hanya menekankankemasan yang kerap kali mempermainkan martabat manusia, spiritual quotient diperlukan agar tidak hanyut dalam budaya massal tersebut,” tegas Yon mengakhiri wawancara.

Alexander Aur




Kunjungan: 666
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com