Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Berpuasa, Melatih Kuasa: Renungan Jumat, 15 Februari 2013 - Hidup Katolik

Berpuasa, Melatih Kuasa: Renungan Jumat, 15 Februari 2013

Kamis, 14 Februari 2013 18:44 WIB
Berpuasa, Melatih Kuasa: Renungan Jumat, 15 Februari 2013
mormongeeks.com

HIDUPKATOLIK.com - Hari Jumat Sesudah Rabu Abu; Yes 58:1-9a; Mzm 51; Mat 9:14-15

Bagi banyak umat beriman, berpuasa mempunyai beragam makna dan tujuan, antara lain: menahan hawa nafsu, melawan godaan, menyucikan diri, dan mengumpulkan berkat atau pahala atau tabungan untuk kehidupan kita kelak (di surga).

Dalam bacaan hari ini, penulis Kitab Yesaya menyerukan arti berpuasa yang tak biasa kita dengar. Berpuasa berarti menggunakan kuasa atau kemampuan kita untuk bertindak: membongkar kelaliman, memerdekakan mereka yang teraniaya, memberi makan orang yang lapar, memberi tumpangan bagi tunawisma, memberi pakaian kepada mereka yang telanjang, membangun relasi persaudaraan yang nyata dengan sesama. Berpuasa berarti melatih diri untuk menggunakan kuasa yang kita terima dari Allah untuk menyatakan kebenaran dan memperjuangkan kehidupan bagi sesama manusia dan seluruh ciptaan. Bukankah kita sudah menjadikan ini sebagai pilihan hidup kita? Tetapi, mengapa puasa kita masih sekadar menahan lapar dan nafsu atau keinginan-keinginan? Mari mulai berlatih menggunakan kuasa yang kita miliki!

Yap Fu Lan




Kunjungan: 1507
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com