Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Doa: Renungan Selasa, 19 Februari 2013 - Hidup Katolik

Doa: Renungan Selasa, 19 Februari 2013

Senin, 18 Februari 2013 16:34 WIB
Doa: Renungan Selasa, 19 Februari 2013
jcsnotebook.org

HIDUPKATOLIK.com - Pekan I Prapaskah; Yes 55:10-11; Mzm 34; Mat 6:7-15

Dalam khotbah di bukit, Yesus tak lupa berbicara tentang doa. Nasihat-Nya berawal dari keprihatinan, banyak orang menjadikan doa sebagai sarana untuk pamer dan mencari pujian. Semestinya seseorang berdoa bukan agar dilihat orang lain, tetapi agar antara dia dan Bapa terjalin komunikasi yang akrab serta hubungan yang lebih erat.

Untuk itulah, Yesus menganjurkan agar orang berdoa di tempat tersembunyi dan doanya janganlah bertele-tele. Yesus lantas mengajarkan kepada mereka sebuah doa yang singkat, padat, namun penuh makna, yakni doa Bapa Kami. Doa ini istimewa, sebab tidak melulu berisi permintaan ini dan itu dari si pendoa. Yang terutama ditonjolkan justru permohonan agar nama Bapa dikuduskan, kerajaan-Nya segera datang, dan kehendak-Nya senantiasa terjadi di muka bumi.

Memang sangat disayangkan kalau doa akhirnya menjadi ajang bagi manusia untuk menghujani Tuhan dengan aneka tuntutan. Ketika yang diharapkan tidak terpenuhi, Tuhan lalu dijadikan sasaran kekecewaan dan kemarahan, seolah-olah Dia tak peduli pada manusia yang sedang menderita.

Doa orang beriman mestinya tidak seperti itu. Tuhan itu Mahakuasa dan Mahabaik. Marilah kita berdoa pertama-tama dan terutama agar kehendak-Nya senantiasa terwujud di muka bumi. Dalam doa itu sebenarnya sudah tercakup segala yang kita butuhkan, sebab Tuhan tentu menghendaki yang terbaik terjadi pada diri kita.

Jarot Hadianto




Kunjungan: 1580
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com