Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Berjumpa dengan Tuhan: Renungan Kamis, 4 April 2013 - Hidup Katolik

Berjumpa dengan Tuhan: Renungan Kamis, 4 April 2013

Rabu, 3 April 2013 14:26 WIB
Berjumpa dengan Tuhan: Renungan Kamis, 4 April 2013
zhishan.wordpress.com

HIDUPKATOLIK.com - Oktaf Paskah; Kis 3:11-26; Mzm 8; Luk 24:35-48

REALITA: Banyak kalangan yang menolak unsur jasmani dari Yesus yang bangkit. Mereka beranggapan, bahwa kebangkitan Kristus hanyalah sebuah peristiwa rohani semata.

Refleksi Biblis: Perjumpaan para murid dengan Yesus yang telah bangkit mengubah para murid yang awalnya terkejut dan takut, menjadi bersukacita. Sukacita itu terjadi setelah mereka mampu mengatasi keragu-raguan.

Keragu-raguan itu berfungsi apologetis, yaitu untuk menegaskan bahwa kesaksian para murid tentang kebangkitan bukan berdasar pada antusiasme belaka, melainkan pada pengalaman telah bertemu dengan Yesus sendiri. Yesus yang bangkit tidak berupa roh atau hantu, tetapi memiliki tubuh yang nyata: “Hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku.”

Yesus pun menunjukkan luka-luka di tangan dan kaki-Nya. Dia pun makan sepotong ikan di depan pada murid. Penampakan itu sebagai jaminan obyektif dari pengalaman para murid dan misi apostolis mereka: “Kamu adalah saksi dari semuanya ini.” Obyek pemberitaan dan kesaksiannya adalah “semuanya ini”, yaitu semua perkataan dan pengajaran Yesus sewaktu masih bersama dengan mereka.

Rekonsiliasi: Kita terkadang ragu akan kebangkitan Yesus. Padahal Dia telah menampakkan diri dengan tubuh yang nyata kepada para murid-Nya. Mengapa? Apa mau kita sekarang?

Surip Stanislaus OFMCap




Kunjungan: 1391
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081318544200 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Info iklan | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com