Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Siap Diutus: Renungan Jumat, 5 April 2013 - Hidup Katolik

Siap Diutus: Renungan Jumat, 5 April 2013

Kamis, 4 April 2013 18:01 WIB
Siap Diutus: Renungan Jumat, 5 April 2013
katekismudagedangan.blogspot.com

HIDUPKATOLIK.com - Oktaf Paskah; Kis 4:1-12; Mzm 118; Yoh 21:1-14

REALITA:
Banyak orang mau ikut Yesus, tetapi enggan untuk diutus dan menjadi saksi Kristus. Padahal panggilan selalu dalam kerangka perutusan: “Dipanggil untuk diutus.”

Refleksi Biblis: Simon Petrus dipanggil Yesus untuk diutus menjadi “penjala manusia” (Luk 5:10). Tugas perutusan itu secara simbolis dilaksanakannya dengan pergi menangkap ikan bersama murid yang lain. Semalaman mereka bekerja, tetapi tidak mendapat apa-apa. Baru ketika hari mulai siang dan mereka menuruti perintah Yesus, mereka menangkap ikan besar-besar.

Malam adalah simbol tanpa Yesus, dan hari mulai siang simbol kehadiran Yesus. Tanpa Yesus, para murid tidak mendapatkan ikan seekor pun, tetapi dengan Yesus, mereka memperoleh banyak ikan besar-besar. Kebersamaan dengan Yesus itu yang membuat para murid menangkap ikan besar-besar sebanyak 153 ekor dan tidak mengoyakkan jala.

Angka 153 mewakili jumlah seluruh spesies ikan yang dikenal para ahli ilmu hewan Yunani, sehingga melambangkan universalitas yang dipersatukan dalam Gereja. Artinya, jala merupakan simbol Gereja yang mempersatukan orang-orang “tangkapan” para murid. Jadi, penangkapan 153 ekor ikan dalam jala melambangkan semua bangsa yang dipersatukan dalam Gereja.

Rekonsiliasi: Sering kali, kita membentuk kelompok yang eksklusif. Padahal Gereja Katolik sangat terbuka dan menghargai siapa pun. Mengapa? Apa mau kita sekarang?

Surip Stanislaus OFMCap




Kunjungan: 1632
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com