Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Lahir Kembali: Renungan Selasa, 9 April 2013 - Hidup Katolik

Lahir Kembali: Renungan Selasa, 9 April 2013

Senin, 8 April 2013 15:47 WIB
Lahir Kembali: Renungan Selasa, 9 April 2013
pclawrenceville.org

HIDUPKATOLIK.com - Pekan Paskah II; Kis 4:32-37; Mzm 93; Yoh 3:7-15

Mungkin kita pernah mendengar istilah born again Christian yang digunakan beberapa kelompok Kristen. Mereka menyebut diri demikian karena merasa mengalami sebuah pengalaman rohani yang membuat mereka ‘lahir kembali’. Maka, tak heran jika mereka menganggap diri lebih hebat dari orang Kristen yang lain.

Ungkapan born again (lahir kembali) ini berasal dari kata-kata Yesus. Sebenarnya kata Yunani yang dipakai, yaitu anōthen, mempunyai dua makna, yaitu: “lahir kembali” (born again) dan “lahir dari atas” (born from above). Keduanya tentu saja berkaitan erat: lahir kembali yang dimaksudkan Yesus adalah lahir dari atas.

Pada ayat berikutnya dengan jelas dikatakan bahwa yang dimaksud dengan lahir kembali atau dari atas adalah “lahir dari Roh” (ay. 8). Dalam konteks pembicaraan antara Yesus dan Nikodemus, maka ‘lahir kembali’ atau ‘lahir dari atas’ atau ‘lahir dari Roh’ tidak bisa tidak ditujukan kepada orang yang belum mengenal Kristus. Dengan kata lain, born again sebenarnya terwujud dalam Sakramen Baptis yang menjadikan seseorang memperoleh hidup baru.

Lalu
? Sebagai orang yang sudah lahir kembali, Roh sebenarnya menjadi prinsip yang mengarahkan hidup kita. Sudah demikiankah?

RD Indra Sanjaya




Kunjungan: 1310
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com