Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Drs Christophorus Sumirat Dwiyanto: Bebas Narkoba 2015 - Hidup Katolik

Drs Christophorus Sumirat Dwiyanto: Bebas Narkoba 2015

Selasa, 21 Mei 2013 19:10 WIB
Drs Christophorus Sumirat Dwiyanto: Bebas Narkoba 2015
[Alfredo Taliwongso Edo]
Drs Christophorus Sumirat Dwiyanto MSi

HIDUPKATOLIK.com, DEPOK - Dalam upayanya memberantas narkoba di Indonesia, Pemerintah telah mencanangkan slogan “Bebas Narkoba 2015”. Di mata masyarakat slogan ini nampak mustahil dicapai, namun bagi Kabag Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Drs Christophorus Sumirat Dwiyanto MSi slogan ini Ia jadikan pemicu semangat dalam memberantas narkoba di tanah air.

Slogan “Bebas Narkoba 2015” sebenarnya di canangkan untuk mendukung program Bebas Narkoba tingkat dunia pada tahun 2020 nanti. Untuk mewujudkan cita-cita tingkat dunia ini, ASEAN juga telah mencanangkan Bebas Narkoba pada tahun 2015 sama seperti Indonesia.

Sumirat menyadari bahwa memerangi narkoba tidak semudah membalikkan telapak tangan dan dengan slogan ini bukan berarti pada tahun 2015 nanti tidak ada satupun masyarakat yang bebas menyalahgunakan narkoba. ”Artinya bukan berarti nol. Free itu adalah suatu indikator keberhasilan yang harus dicapai dan dijadikan pemicu semangat gerakan pemberantasan narkoba,” tuturnya dalam Seminar Anti Narkoba di Paroki Herkulanus, Depok, Minggu, 21/4, lalu.

Untuk mensukseskan slogan ini, lembaga dimana Ia bekerja, telah telah menyiapkan tiga strategi. Pertama, dengan Komunikasi, Informasi dan Edukasi. Yang kedua, melaksanakan layanan rehabilitasi dan ketiga dengan pemberantasan. Pada strategi kedua, untuk tahun ini, menurut Sumirat, pecandu yang harus direhabilitasi ada sekitar 4 juta jiwa, namun baru 18.000 pecandu saja yang tertampung dalam tempat rehabilitasi.

Ia berharap masyarakat seperti organisasi keagamaan dan LSM dapat membantu pemerintah dengan mendirikan tempat rehabilitasi sehingga dapat menyelamatkan para pecandu narkoba. ”BNN siap membantu dalam pelatihan dan pendampingan bagi tempat-tempat rehabilitasi pecandu Narkoba tersebut,” ungkap umat Paroki Nikodemus, Ciputat ini.

A. Nendro Saputro




Kunjungan: 527
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com