Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Santa Kematian di Meksiko - Hidup Katolik

Santa Kematian di Meksiko

Selasa, 21 Mei 2013 19:22 WIB
Santa Kematian di Meksiko
[www.redicecreations.com]
Patung Santa Muerte

HIDUPKATOLIK.com, VATIKAN - Pemujaan pada ‘Santa Kematian’ marak di Meksiko. Dengan tegas, Vatikan menyatakan sekte yang berkedok agama itu sebagai “penghujat agama”.

Vatikan mengutuk sekte pemujaan Santa Muerte (Spanyol: Santa Kematian) di Meksiko, karena dianggap “penghujatan terhadap agama”. Pernyataan ini disampaikan Presiden Dewan Kepausan untuk Budaya, Kardinal Gianfranco Ravasi. Penyembahan terhadap Santa Muerte merupakan “kemunduran agama”. Kardinal Ravasi berulang kali melontarkan kritiknya di Meksiko.

Sekte yang memuja kematian ini berkembang pesat di Meksiko dan dikenal sebagai Sekte Kematian Suci. Simbolnya berupa sebuah kerangka perempuan berjubah yang menggenggam sabit. Ditengarai bahwa kebanyakan praktik pemujaan ini terjadi di daerah yang mengalami kekerasan ekstrim akibat perdagangan narkotika dan ulah geng-geng bersenjata.

Upacara pemujaan dilakukan dengan membuat altar dan mempersembahkan sesaji berupa lilin, buah, dan tequila. Harapannya, Santa Muerte akan mengabulkan permintaan mereka.

“Agama merayakan hidup, tapi di sini kematianlah yang diagungkan. Pemujaan ini hanya berpakaian seperti agama, tapi bukan agama itu sendiri. Bahkan, ini sebuah penghujatan terhadap agama,” tandas Ravasi seperti dilansir BBCnews, 9/5.

Selama enam tahun terakhir, lebih dari 70.000 penduduknya tewas akibat tindak kekerasan dan penyalahgunaan narkotika di Meksiko. Maka, mendesaklah pewartaan nilai-nilai kristiani bagi generasi mudanya. “Para mafia tak punya kepekaan agamis dan tak berhubungan dengan agama; meski mereka memakai kultus citra Santa Muerte sekalipun,” tegas Ravasi.

Praktik ini berakar dari zaman penjajahan di Meksiko. Sekte ini menggabungkan kepercayaan adat dengan tradisi penghormatan orang kudus yang diperkenalkan oleh misionaris Spanyol. Hingga kini, kuil Santa Muerte kian banyak bermunculan di Meksiko dan Amerika Serikat.

Tahun lalu, polisi Meksiko menangkap delapan orang karena kasus pembunuhan dua anak laki-laki dan seorang perempuan untuk dikorbankan dalam ritual pemujaan Santa Muerte.

Maria Pertiwi




Kunjungan: 781
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com