Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Keseimbangan: Renungan Kamis, 6 Juni 2013 - Hidup Katolik

Keseimbangan: Renungan Kamis, 6 Juni 2013

Rabu, 5 Juni 2013 13:00 WIB
Keseimbangan: Renungan Kamis, 6 Juni 2013
naturallyhealthyfamilies.wordpress.com

HIDUPKATOLIK.com - Pekan Biasa IX; Tob 6:10-11; 7:1.9-17; 8:4-9a; Mzm 128; Mrk 12:28b-34

Rumah-rumah ibadah yang penuh sesak pada saat tertentu, ternyata tidak menjamin terciptanya kondisi masyarakat yang lebih baik. Saat berdoa dan beribadat, orang memang bersikap khusyuk. Khotbah-khotbah tentang kasih serta keindahan hidup surgawi diresapi dengan sungguh. Namun, apa yang terjadi sesudah itu?

Ibadat selesai, kesalehan juga selesai. Keluar dari rumah Tuhan, orang kembali bertingkah laku seperti semula: berlaku tidak adil, membenci, menindas, dan memperdaya orang lain. Inilah orang-orang yang mengasihi Tuhan, tapi tidak mengasihi sesama.

Sebaliknya, ada pula yang mengasihi sesama, namun tidak peduli kepada Tuhan. Aksi-aksi sosial mereka gelar, orang-orang yang menderita mereka bantu. Tuhan? Mereka mengabaikan-Nya. Bagi mereka, Tuhan tak lebih suatu mitos yang tak jelas kebenarannya.

Yesus menyatakan, perintah paling utama adalah kasih yang utuh terhadap Allah dan kasih yang utuh terhadap sesama. Dalam hal ini tidak ada perintah nomor satu atau nomor dua. Keduanya sama penting dan merupakan satu kesatuan. Melaksanakannya secara serentak akan menciptakan keseimbangan hidup. Kasih terhadap sesama mengkonkretkan kasih kita terhadap Allah, sedangkan kasih terhadap Allah secara kokoh mendasari kasih kita terhadap sesama.

Johannes Jarot Hadianto




Kunjungan: 1514
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com