Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Enam Kritikan: Renungan Sabtu, 8 Juni 2013 - Hidup Katolik

Enam Kritikan: Renungan Sabtu, 8 Juni 2013

Jumat, 7 Juni 2013 10:05 WIB
Enam Kritikan: Renungan Sabtu, 8 Juni 2013
outlookindia.com

HIDUPKATOLIK.com - Pw. Hati Tersuci SP Maria; Tob 12:1.5-15.20; MT Tob 13; Mrk 12:38-44

Enam kritikan dilancarkan Yesus kepada para ahli Taurat. Mereka (1) suka berjalan-jalan memakai jubah panjang dan (2) suka menerima penghormatan di pasar. Dua kritikan ini menggambarkan tabiat mereka yang suka pamer kekayaan dan dipuji-puji di tempat umum.

Para ahli Taurat juga (3) suka duduk di tempat terbaik di rumah ibadat dan (4) suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan. Sementara Yesus berharap para pemimpin sudi bersikap layaknya seorang pelayan, para ahli Taurat dengan itu seolah hendak menegaskan bahwa harkat dan martabat mereka lebih tinggi daripada orang lain. Yang parah, mereka melakukan tindak kriminal, yakni (5) menjarah rumah janda-janda. Sebagai kaum lemah, para janda biasa mendapat bantuan hukum dari ahli Taurat. Namun karena biayanya mahal, bantuan itu malah membuat mereka bangkrut. Masyarakat tidak menyadari hal itu, karena para ahli Taurat selalu tampil sebagai orang saleh. Mereka juga (6) mengelabui mata orang banyak dengan mengucapkan doa yang panjang.

Yesus memastikan, orang-orang itu akan menerima hukuman berat. Sebagai pemimpin agama, mereka seharusnya menjadi teladan. Yang terjadi justru sebaliknya, mereka menyalahgunakan jabatan, memburu keuntungan, dan menyesatkan umat. Adakah pemimpin agama yang bersikap seperti itu saat ini?

Johannes Jarot Hadianto




Kunjungan: 1302
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com