Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Pelayanan Pastoral Migran - Hidup Katolik

Pelayanan Pastoral Migran

Selasa, 11 Juni 2013 12:35 WIB
Pelayanan Pastoral Migran
[in.news.yahoo.com]
Penderitaan: Para migran Ethiopia, tidur di tempat terbuka di barat kota Yaman, menunggu untuk dipulangkan ke negaranya.

HIDUPKATOLIK.com, YAMAN - Dewan Kepausan untuk Pelayanan Pastoral Migran dan Perantau menggelar Sidang Pleno XX di Vatikan, 22-24/5. Pertemuan tersebut membahas “Keprihatinan Pastoral Gereja dalam konteks Migrasi Paksa: Studi Dokumen Menyambut Kristus dalam Urusan Pengungsi dan Migran Paksa”.

Dalam pertemuan itu, para peserta diajak untuk melihat penderitaan orang-orang yang terpaksa mengungsi. Banyak dari orang-orang ini harus meninggalkan rumah mereka karena konflik atau penindasan di negara mereka sendiri. Dengan pertemuan itu, diharapkan Gereja bisa meningkatkan bantuan pastoral kepada para korban migrasi paksa.

Salah satu pembicara adalah Uskup Salt Lake City Amerika Serikat Mgr John Wester. Ia memaparkan fenomena migrasi paksa dari perspektif Amerika Utara dan Tengah. Menurutnya, banyak yang terpaksa bermigrasi karena alasan ekonomi, tekanan politik, kekerasan, dan terjebak dalam perang. Mgr Wester menekankan pentingnya pendidikan bagi mereka yang terpaksa bermigrasi. “Pendidikan merupakan ‘kunci untuk keluar dari kemiskinan’,” tandasnya seperti dilansir Radio Vatican, 23/5.

Maria Pertiwi




Kunjungan: 506
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com