Hidupkatolik.com
Hidupkatolik.com


Uskup Agung Samarinda Wafat - Hidup Katolik

Uskup Agung Samarinda Wafat

Kamis, 18 Juli 2013 20:53 WIB
Uskup Agung Samarinda Wafat
[HIDUP/Fl. Wardiyanto]
Mgr Florentinus Sului Hajang Hau MSF

HIDUPKATOLIK.com - Berita duka datang tak diundang. Malam ini, Uskup Agung Samarinda, Kalimantan Timur, Mgr Florentinus Sului Hajang Hau MSF wafat. “Setahu saya, dalam dua hari ini Mgr Sului ada di Jakarta karena punya jadwal operasi katarak. Saya ketemu beliau di Wisma Kemiri dan ngobrol. Beliau bilang, sekalian akan cek jantung. Tapi ternyata, saya terima kabar kalau beliau sudah wafat,” konfirmasi Uskup Sintang Mgr Agustinus Agus dalam komunikasi via telpon dengan HIDUP, Kamis, 18/7, pk.20.15 WIB. “Sekarang saya sudah balik ke Kalimantan, sekarang sudah sampai sekitar Sanggau,” imbuhnya.

Mgr Sului wafat di Rumah Sakit Medistra Jakarta, Kamis, 18/7, pukul 18.30 WIB. Ia adalah putera Dayak kelahiran Tering, Kutai Barat, Kalimantan Timur, 11 Desember 1948. Ia ditahbiskan sebagai imam Kongregasi Keluarga Kudus (MSF) pada 16 Februari 1976 tatkala berumur 28 tahun. Pada 5 April 1993, Paus Johanes Paulus II mengangkatnya sebagai Uskup Samarinda. Ia menerima tahbisan episkopal pada 21 November 1993. Pentahbis utamanya ialah Uskup Palangkara saat itu Mgr Yulius Aloysius Husin MSF, didampingi oleh dua uskup pentahbis pendamping: Uskup Agung Pontianak Mgr Hieronimus Herculanus Bumbun OFMCap dan Uskup Emeritus Banjarmasin Mgr Wilhelmus Johannes Demarteau MSF.

Sejak 29 Januari 2003, ketika Keuskupan Samarinda ditingkatkan statusnya menjadi Keuskupan Agung, Mgr Sului ditunjuk sebagai Uskup Agung Samarinda. Keuskupan metropolit itu membawahi tiga Keuskupan Sufragan, yakni: Palangkaraya, Banjarmasin, dan Tanjungselor.

Informasi tentang kapan dan di mana Misa Requiem serta pemakamannya akan diadakan, belum ada hingga berita ini ditulis. Jenazah Mgr Sului yang wafat di RS Medistra, Jakarta segera dibawa ke RS Sint Carolus Jakarta Pusat.

R.B.E. Agung Nugroho




Kunjungan: 5369
Loading...
Loading...
Redaksi membuka kesempatan kepada pembaca untuk mengajukan pertanyaan atau topik yang dikehendaki untuk dijawab atau dijelaskan dalam rubrik Konsultasi Iman atau Konsultasi Keluarga. Kirimkan pertanyaan atau tanggapan anda melalui email ke: hidup@indo.net.id atau SMS ke nomor 081290781618 atau melalui pos ke Redaksi Majalah HIDUP Jl Kebon Jeruk Raya 85 Batusari, Jakarta 11530, Fax: 021-5485737.
lazada indonesia
lazada
© 2011 hidupkatolik.com All Right Reserved | About Us | Privacy Policy | Terms of Use | Redaksi | Karir | Contact Us | Email 1 | Email 2
     

Hidupkatolik.com