Beata Zofia Maciejowska Czeska : Janda, Pejuang Kaum Perempuan

2
Beata Zofia Maciejowska Czeska.
Beata Zofia Maciejowska Czeska : Janda, Pejuang Kaum Perempuan
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Gagal membangun rumah tangga, ia mendedikasikan diri bagi pendidikan kaum Hawa di Polandia. Ia mendirikan sekolah formal pertama bagi perempuan dan tarekat yang dikenal sebagai Suster-suster Parezentki.

Zofia Maciejowska, perempuan berdarah Polandia. Ia punya banyak kelebihan. Selain parasnya cantik, ia pintar dan berasal dari keluarga berkecukupan. Anak ketiga dari sepuluh bersaudara ini merupakan buah hati pasangan Mateusz Maciejowski dan Katarzyna Lubowiecka Maciejowska. Zofia lahir tahun 1584 dalam keluarga kelas bangsawan di Budziszowice, Kazimierski, Polandia.

Kehidupan masa kecilnya membahagiakan. Orangtuanya mampu menyediakan segala kebutuhannya. Warisan nilai-nilai kesalehan kristiani tak luput mengelilingi kehidupannya sejak dini. Keluarganya sebenarnya berasal dari garis keturunan bangsawan Malopolska, Polandia. Namun mereka menetap di Krakow, dan kemudian di daerah Sandomierz, Polandia.

Biduk Rumah Tangga
Zofia tumbuh menjadi gadis cantik, energik, saleh dan pintar. Kecantikannya banyak memikat hati para pemuda. Namun keberuntungan berpihak pada Jan Czeski, yang lebih dikenal dengan nama Yohanes dari Bohemia, seorang pemuda bangsawan kaya dari Czecky.

HIDUP NO.06 2014, 9 Februari 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here