Uskup Baru, Takhta Lowong

263
Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM dan Mgr Agustinus Agus.
[HIDUP/Yanuari Marwanto, NN/Dok.HIDUP]
Uskup Baru, Takhta Lowong
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Sepanjang 2014, dua uskup ditahbiskan, yakni Uskup Bogor Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM dan Uskup Bandung Antonius Subianto Bunjamin OSC. Paus Fransiskus mengangkat Romo Paskalis Bruno Syukur OFM sebagai Uskup Bogor, menggantikan Mgr Mikael Cosmas Angkur OFM, 21 November 2013. Imam kelahiran Manggarai, NTT, 17 Mei 1962 ini menerima Tahbisan Episkopal pada 22 Februari 2014. Sementara, Mgr Angkur menjalani masa purnakarya di Biara Fransiskan di Labuan Bajo, Manggarai, NTT.

Romo Antonius Subianto Bunjamin OSC ditahbiskan sebagai Uskup Bandung, 25 Agustus 2014. Imam Ordo Salib Suci kelahiran Bandung, 14 Februari 1968 ini diangkat Paus Fransiskus sebagai Uskup Bandung pada 3 Juni 2014.

Sementara, Uskup Sintang Mgr Agustinus Agus diangkat Paus sebagai Uskup Agung Pontianak, 3 Juni 2014. Ia menggantikan Mgr Hieronymus Herculanus Bumbun OFMCap yang memasuki masa purnakarya. Mgr Agus menerima pallium dari Paus, 29 Juni 2014. Pada Kamis, 28/8, Mgr Agus memulai masa penggembalaan di Keuskupan Agung Pontianak.

Sampai Desember 2014 ini, terdapat dua keuskupan yang lowong, tidak memiliki Uskup; Keuskupan Agung Samarinda dan Keuskupan Sintang. Pada 2015, ada dua uskup yang telah mencapai usia lebih dari 75 tahun, artinya memiliki hak untuk mengajukan purnakarya; Uskup Malang Mgr H.J.S. Pandoyoputro OCarm dan Uskup Manado Mgr Joseph T. Suwatan MSC.

Y. Prayogo

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here