HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

BANGUN PERSAUDARAAN SEJATI

10
Mgr Suharyo dan para tokoh agama melepas burung merpati sebagai simbol kerukunan Jakarta.
[HIDUP/Maria Pertiwi]
BANGUN PERSAUDARAAN SEJATI
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) bersama Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi DKI Jakarta menggelar acara dialog dan doa perdamaian di aula Gereja Bunda Hati Kudus (BHK) Kemakmuran, Jakarta, Sabtu, 16/4. Hadir sebagai pembicara Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo, Ketua FKUB DKI Jakarta KH. Ahmad Syafi’I Mufid, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kakanwil Kemenag) DKI Jakarta Abdul Rahman, Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Hendra Hidayat, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri. Para tokoh lintas agama,
perwakilan FKUB se-DKI Jakarta, perwakilan FKUB Tangerang dan Bekasi, serta perwakilan paroki-paroki se-KAJ dan para alumni Sekolah Agama-Agama dan Bina Damai (SABDA) juga hadir.

Mgr Suharyo merujuk peristiwa pembebasan dari tanah perbudakan menuju tanah terjanji dalam Perjanjian Lama sebagai ingatan bersama yang direnungkan pada Paskah tahun ini. Ingatan bersama ini adalah identitas dasar umat Katolik dan berfungsi sebagai kekuatan saat umat menghadapi tantangan. Bangsa Indonesia pun memiliki ingatan bersama, yakni pembebasan dari penjajahan saat proklamasi kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945.

Sementara pembicara yang lain menekankan langkah-langkah membangun kerukunan di Jakarta. “Kelompok agama memiliki peran dalam perkembangan bangsa. Tokoh agama harus turut berdialog untuk memecahkan kebuntuan bangsa dan negara dalam menghadapi masalah yang ada, seperti korupsi, terorisme, dan narkoba,” tandas KH. Ahmad Syafi’I Mufid.

Usai dialog, di halaman Gereja BHK Kemakmuran dipentaskan tarian Manuk Dadali yang dibawakan anak-anak bina iman Paroki Damai Kristus Kampung Duri dan doa perdamaian yang disampaikan perwakilan masing-masing agama, pelepasan burung merpati, serta penanaman pohon beringin.

Maria Pertiwi

(Visited 1 times, 1 visits today)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here