HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

ROSARIO MERAH PUTIH DILUNCURKAN

12
Umat berdoa Rosario di depan Patung Pieta di Katedral Jakarta.
[HIDUP/Stefanus P. Elu]
ROSARIO MERAH PUTIH DILUNCURKAN
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comRosario Merah Putih diharapkan bisa digunakan umat dalam doa-doa Rosario sebagai wujud merawat ingatan bersama dan kontribusi bagi bangsa Indonesia.

Misa masih dua jam lagi. Tapi umat sudah memenuhi gereja Katedral St Perawan Maria Diangkat Ke Surga Jakarta, sejak Pukul 15.00 WIB. Umat datang dari berbagai paroki untuk menghadiri peluncuran Rosario Merah Putih, Minggu 1/5. Rosario ini dibuat dari manik-manik berwarna merah dan putih sebagai salah satu penerapan Arah Dasar KAJ 2016 “mengamalkan Pancasila”. Sebagian besar umat membawa Rosario Merah Putih. Panitia menyediakan dalam jumlah terbatas.

Misa diawali dengan perarakan dari depan Wisma KAJ. Anak-anak berpakaian serba putih dengan kain Merah Putih melingkar di leher, dan Rosario Merah Putih terlilit di antara katupan tangan mereka, membuka perarakan. Selanjutnya empat orang yang menandu lambang Rosario Merah Putih, para petugas liturgi, para imam dan uskup.

Ketua Seksi Liturgi KAJ Romo H. Sridanto Aribowo mengatakan, peluncuran Rosario Merah Putih ditandai dengan berkat dari Bapak Uskup, kemudian umat bersama-sama berdoa Rosario. Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo memberikan berkat dari atas panti imam dan dimulailah doa Rosario sebanyak lima peristiwa. Umat masih terus berdatangan sehingga bagian dalam Katedral Jakarta semakin penuh sesak. Bangku umat yang biasa ditempati lima sampai enam orang, sore itu bisa memuat delapan hingga sepuluh orang. Yang tidak mendapat tempat berdiri di lorong, bagian belakang hingga area luar gereja.

Romo Danto mengatakan, Rosario Merah Putih dihadirkan sebagai sarana bagi umat Katolik untuk terlibat dalam membangun bangsa dan negara. “Umat Katolik di Indonesia bukan partisipan, tapi bagian integral bangsa ini. Para pahlawan nasional Katolik sudah memberi teladan tentang keterlibatan dalam dinamika bangsa ini.”

Peluncuran Rosario Merah Putih juga diadakan di Gereja St Antonius Padua Bidaracina, Gereja St Laurensius Alam Sutera dan Gereja Matias Rasul Bintaro. Paroki menyediakan Rosario Merah Putih untuk dibagikan kepada umat.

Stefanus P. Elu

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here