HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

TANPA KEADILAN TAK ADA PERDAMAIAN

6
Paus Fransiskus bersama Mgr Marcelo Sánchez Sorondo menandatangani deklarasi KTT.
[vaticanradio.com]
TANPA KEADILAN TAK ADA PERDAMAIAN
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comPaus minta hakim dan jaksa bekerja menciptakan keadilan. Berantas perdagangan manusia, perbudakan,dan kejahatan terorganisir.

PAUS Fransiskus menyerukan kepada semua pihak untuk menentang perdagangan manusia, perbudakan modern, dan semua bentuk kejahatan terorganisir. Seruan ini disampaikan dalam KTT para Hakim mengenai Perdagangan Manusia dan Kejahatan Terorganisasi (Human Trafficking and Organized Crime) di Vatikan, Jumat-Sabtu, 3-4/6. KTT yang diikuti para hakim dan jaksa dari sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Meksiko dan Italia ini dihadiri Mgr Marcelo Sánchez Sorondo, Rektor Akademi Ilmu Sosial Vatikan, dan Komisioner Tinggi PBB untuk Perdagangan Manusia dan Kejahatan Seksual Anak, Corinne Dettmeijer-Vermeulen.

Bapa Suci mengharapkan hakim dan jaksa memenuhi panggilan dan misi penting mereka menciptakan keadilan. Tanpa keadilan tak ada ketertiban apalagi perdamaian sosial. Paus mengingatkan para hakim dalam melaksanakan keadilan tidaklah sekadar menjatuhkan hukuman, tapi hukuman itu harus mampu mendidik mereka yang bersalah agar mereka bisa kembali ke masyarakat.

Bagi Bapa Suci, ketidakpedulian terhadap perdamaian menyebabkan dosa struktural dan luka sosial. Hakim dan jaksa harus melepaskan kepentingan pribadi demi kesejahteraan umum (bonum commune). “Inilah keutamaan panggilan seorang abdi negara,” ujar Paus seperti dilansir CNA 5/6.

Paus menyerukan agar sistem kerja paksa, perbudakan modern, perdagangan manusia dan organ tubuhnya harus dihentikan. “Kita harus bergerak timbal balik, merangkul masyarakat dari golongan atas ke bawah, dari pinggiran ke pusat, dari masyarakat kecil ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Kunci Keadilan
Paus sadar, idealisme membutuhkan perjuangan. Masih ada abdi negara, hakim dan jaksa tidak jujur, mengabaikan korban, mengutamakan kepentingan pribadi. Seperti disiarkan Radio Vatikan, 5/6, Bapa Suci menyampaikan harapannya kepada para hakim dan jaksa dengan menyitir Sabda Bahagia dari Injil Matius: “Berbahagialah mereka yang lapar dan haus akan kebenaran, mereka yang menderita demi keadilan. Berbahagialah yang menciptakan perdamaian, dan berbahagialah mereka yang menolong saudara-saudari kita yang sangat membutuhkan dan berkekurangan. Mereka, khusus saya tujukan kepada para hakim, akan memperoleh pahala yang besar sebagai pewaris dunia dan memiliki Kerajaan Allah.”

Yusti H. Wuarmanuk

(Visited 1 times, 1 visits today)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here