HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

DOA SEDERHANA BERBUAH CINTA

12
Para pelayat memberikan penghormatan terakhir di hadapan jenazah Romo Frans OCSO.
[Dok. Romo Antonius Anjar Daniadi OCSO]
DOA SEDERHANA BERBUAH CINTA
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – RABU siang, 8/6, Gereja Pertapaan Santa Maria Rawaseneng, Temanggung, Jawa Tengah dipenuhi ratusan umat, bruder, suster dan imam dari berbagai daerah. Mereka menghadiri Misa Requiem pemakaman Romo Abas Frans Harjawiyata OCSO yang telah berpulang ke rumah Bapa Selasa, 7/6 pukul 01.05 di Rumah Sakit Kristen (RSK) Ngesti Waluyo, Parakan, pada usia 84 tahun. Romo Frans adalah Abas Emeritus dari komunitas Trappist Rawaseneng yang telah bertugas selama 28 tahun (1978-2006).

Dalam homili, Romo Abas Gonzaga Rudiyat OCSO men-sharing-kan tentang doa sederhana yang selalu diajarkan oleh sang ibunda Romo Frans, Constantia Siti Sumirah. “Gusti nyuwun suci. Gusti nyuwun pinter. Gusti nyuwun saras. Gusti nyuwun dados pastor” (Tuhan mohon rahmat kesucian. Tuhan mohon rahmat kepandaian. Tuhan mohon rahmat kesehatan. Tuhan mohon rahmat menjadi pastor). Doa itu membuahkan cinta dalam diri Romo Frans. Kepada siapa pun ia mewariskan sebuah tips sederhana tentang hidup bahagia: “Cintailah apa yang sedang kau hadapi.”

Sembilan hari sebelum meninggal, Romo Frans tetap menghidupi tips itu. Romo kelahiran Yogyakarta, 24 September 1931 ini, mencintai sakit stroke yang dideritanya sejak Minggu, 29/5. Kepada yang membesuk, ia selalu menebar senyum sukacita tanpa banyak berkata. “I know, it will be,” katanya kepada dua saudara sekomunitas yang menunggui.

Rahib imam yang menguasai 10 bahasa ini dikenal sebagai sosok yang rendah hati. Dengan sedikit kata dan banyak tersenyum, Romo Frans menebarkan sukacita monastik.

Romo Antonius Anjar Daniadi OCSO (Rawaseneng)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here