JURU BICARA VATIKAN DIGANTI

13
Ki-ka: Gregory Joseph Burke, Paloma Garcia Ovejero, dan Pater Federico Lombardi SJ.
[celam.org]
JURU BICARA VATIKAN DIGANTI
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – DIREKTUR Kantor Berita Vatikan sekaligus Juru Bicara Vatikan, Pater Federico Lombardi SJ mengakhiri masa tugasnya pada Senin, 1/8. Setelah melayani selama 10 tahun sejak 11 Juli 2006, Paus Fransiskus telah menerima pengunduran dirinya pada Senin, 11/7. Pater Lombardi mengirimkan surat untuk berpamitan kepada seluruh karyawan yang bekerja di Kantor Berita Vatikan. Surat bertanggal 24 Juli 2016 tersebut dirilis Radio Vatikan, Selasa, 2/8.

Pater Lombardi mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan Kantor Berita Vatikan dan juga para kolega wartawan yang telah membantunya selama menjalani tugas kerasulannya. “Bersama-sama, kita mengikuti karya penggembalaan dua Paus besar; kita melewati hidup dalam momen-momen yang sangat penting dalam sejarah Gereja–bisa dikatakan–seperti dalam keluarga umat manusia, berusaha untuk memaknai peristiwa-peristiwa tersebut dan membantu satu sama lain untuk memahami makna di balik semua itu,” tulis Pater Lombardi dalam suratnya.

Di bagian akhir suratnya, Pater Lombardi memberikan ucapan selamat kepada penggantinya, Gregory Joseph Burke sebagai Juru Bicara baru Vatikan, serta wakilnya, Paloma Garcia Ovejero. Burke dan Paloma sudah mulai aktif pada posisi masing-masing sejak Senin, 1/8. Burke adalah awam selibat, anggota Opus Dei asal Amerika Serikat yang sebelumnya menjadi wakil Pater Lombardi. Alumnus jurusan Jurnalistik dari Universitas Columbia, Manhattan, New York ini pernah bekerja untuk United Press International, Reuters, Metropolitan, National Catholic Register, Time, Fox News, dan terakhir menjadi penasihat senior Bidang Komunikasi di Sekretariat Negara-Kota Vatikan.

Sementara itu, Paloma sudah sekitar 18 tahun bekerja sebagai editor sekaligus presenter di Cadena COPE, Radio milik para Uskup Spanyol. Alumna Master bidang Manajemen Strategis dan Komunikasi dari Universitas New York (2006) ini fasih berbahasa Spanyol, Inggris, Italia, bahkan Mandarin. Kini ia menjadi perempuan pertama yang mengampu posisi nomor dua di Kantor Berita Vatikan.

R.B.E. Agung Nugroho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here